KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Sadar akan Waktu

Opini: Sadar akan Waktu

Kita semua hidup dengan waktu. Waktu terus berjalan, membawa semua bersamanya. Semua makhluk hidup memiliki waktu masing-masing. Mulai dari saat lahir hingga meninggalkan dunia ini. Waktu adalah harta berharga yang kita miliki, tidak bisa digantikan dengan apa pun. Setiap detik yang berlalu adalah kesempatan yang tak akan datang lagi.

Terkadang waktu disepelekan. Kita lupa bahwa waktu sebenarnya terbatas sehingga sering menggunakannya sembarangan. Aksi yang bisa dilakukan saat ini berakhir tertunda dengan berbagai alasan. Akhirnya, muncul kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan. Terutama saat ini dengan adanya media sosial dengan konten. Sekali melihatnya bisa mengalihkan fokus kita hingga berjam-jam. Harusnya dengan waktu yang terbatas ini bisa lebih dimanfaatkan. Waktu yang dipakai untuk menunda bisa dipakai untuk mengerjakan kegiatan lain.

Walau begitu, waktu tidak selalu ada untuk dimanfaatkan, waktu juga ada untuk dinikmati. Terlalu menyibukkan diri dengan pekerjaan hingga tidak memiliki waktu untuk berisitirahat juga tidak sehat. Kita perlu waktu untuk berisitirahat dan melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang menyenangkan. Waktu tetap bisa dinikmati dengan hal yang lebih bermanfaat, seperti berkumpul dengan teman dan keluarga, berolahraga, dan menjalani hobi.

Sadar akan waktu berarti kita sadar akan eksistensi waktu yang terus berjalan, yang tiap detiknya tidak bisa diulang kembali. Dengan menjadi sadar dengan waktu, kita menjadi lebih bersyukur dengan tiap detik yang kita lalui. Tiap detik yang entah sampai kapan habisnya. Bagaimana menggunakan waktu kembali pada hak masing-masing. Namun, gunakanlah waktu dengan bijaksana agar tidak ada penyesalan di kemudian hari karena telah salah menggunakan waktu. Di saat itu, yang bisa dilakukan hanyalah terus maju ke depan dengan sisa waktu yang tersisa.

Waktu terus bergerak, tanpa ada yang bisa menghentikan atau memutarnya kembali. Waktu yang kita miliki pun, selalu berkurang setiap detiknya. Penting bagi kita untuk menyadari bahwa waktu adalah sumber daya yang terbatas. Maka dari itu, hargailah tiap detik yang kita miliki, dengan memanfaatkannya atau menikmatinya. Dengan menghargai waktu, setiap saat bisa lebih bermakna.

Yogyakarta, 3 Agustus 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Jan Vašek from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA