KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Selamat Ulang Tahun KAMAJAYA Scholarship

Opini: Selamat Ulang Tahun KAMAJAYA Scholarship

Tanggal 31 Juli 2023 bertepatan dengan hari Ulang Tahun KAMAJAYA Scholarship yang ke-6. KAMAJAYA Scholarship merupakan beasiswa yang didirikan oleh Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA). KAMAJAYA Scholarship menanggung semua biaya kuliah sampai lulus. Dalam beberapa kasus, KAMAJAYA Scholarship juga memberikan bantuan biaya hidup, biaya tempat tinggal, dan lainnya.

Ulang tahun merupakan momen yang spesial bagi semua. Ulang tahun bisa dilihat sebagai perkembangan dan sebagai titik pencapaian dari perjalanan. Jika melihat ke belakang, bisa terlihat betapa jauh jalan yang telah dilewati dari titik awal sampai saat ini. Sama seperti KAMAJAYA Scholarship yang berawal dari sebuah donasi oleh seseorang. Hingga sampai sekarang, KAMAJAYA Scholarship telah membantu hingga ratusan mahasiswa untuk bisa lanjut berkuliah dengan bantuan para donatur.

Di tahun ini, KAMAJAYA Scholaship telah memiliki penerima sebanyak 128 anak dan 65 di antaranya telah lulus dan bekerja. Tidak semua yang diterima oleh KAMAJAYA Scholarship mempunyai IPK tinggi. KAMAJAYA Scholarship telah membuktikan bahwa anak dengan IPK yang kurang bukan berarti ia bodoh atau malas belajar, bisa jadi karena masalah atau kondisi yang tidak mendukung. Berkat bantuan dari KAMAJAYA Scholarship, anak-anak tersebut dapat lulus kuliah hingga bekerja di perusahaan ternama.

Berbeda dengan beasiswa lain, IPK yang tinggi bukan menjadi target utama untuk menjadi penerima KAMAJAYA Scholarship. KAMAJAYA Scholarship ingin menolong para mahasiswa yang terancam putus kuliah karena akan sulit bagi anak-anak yang memiliki masalah ekonomi untuk bisa fokus berkuliah. Banyak di antaranya yang mengambil pekerjaan part-time agar bisa membantu mencukupi kehidupan.

Sebagai penerima beasiswa, saya merasa sangat terbantu dengan KAMAJAYA Scholarship. Di masa pandemi COVID-19 di tahun 2020, bisnis ayah saya mengalami kebangkrutan hingga harus ditutup. Ditambah dengan kondisi keluarga yang memburuk sampai akhirnya orang tua saya bercerai. Di tengah kejadian ini, biaya kuliah terlihat sangat berat untuk dibayarkan. Melihat kondisi yang seperti itu, sempat terpikir untuk saya berhenti kuliah dan fokus bekerja saja. Namun, di tahun 2021 saya mencoba mendaftar KAMAJAYA Scholarship dan berhasil diterima. Berkat KAMAJAYA Scholarship, saya dapat fokus berkuliah tanpa mengkhawatirkan kondisi ekonomi keluarga.

KAMAJAYA Scholarship dapat bergerak sampai saat ini atas dasar cinta dan belas kasih dari para donatur. Semua dapat menjadi donatur di KAMAJAYA Scholarship. Semua nominal donasi yang diberikan, berapa pun nilainya, akan sangat berarti bagi para penerima. Tiap tahunnya KAMAJAYA Scholarship akan membuka pendaftaran penerima beasiswa baru. Dengan semakin banyaknya donatur, semakin banyak juga penerima beasiswa yang bisa ditolong KAMAJAYA Scholarship.

Selamat ulang tahun KAMAJAYA Scholarship. Semoga di ulang tahun yang ke-6 ini, KAMAJAYA Scholarship bisa menjadi lebih besar dan bisa membantu lebih banyak mahasiswa lagi. Segala terima kasih saya ucapkan untuk KAMAJAYA Scholarship yang telah membantu saya dan para donatur yang telah mendukung beasiswa ini hingga bisa menjadi seperti sekarang.

Yogyakarta, 12 Agustus 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA