KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Semangat Kemerdekaan

Opini: Semangat Kemerdekaan

Semangat dan optimisme yang pernah disampaikan oleh Bung Karno seharusnya menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam membangun negara. Saat ini, semangat ini masih dalam menghadapi tantangan global. Bung Karno telah memberikan dorongan kepada generasi muda agar menjadi individu nasionalis, progresif, dan bersemangat revolusi. Dia sadar bahwa generasi muda merupakan penerus yang selalu siap menghadapi ancaman dan tantangan bangsa. Seperti ungkapannya yang terkenal, “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.” Ungkapan ini mencerminkan semangat Bung Karno bagi generasi muda, sebuah warisan yang kaya makna, mendorong keterlibatan aktif generasi muda dalam kemajuan bangsa. Mereka memiliki peran penting sebagai pemimpin masa depan yang akan membawa Indonesia menuju perubahan yang lebih baik, lebih maju, beradab, dan berdaya saing.

Generasi muda tidak boleh diabaikan dalam perjalanan negara. Sejarah telah mencatat betapa besar peran generasi muda dalam memimpin perubahan di Indonesia. Mereka selalu terlibat dalam peran penting dan bersemangat dalam momen-momen krusial dan penting. Peristiwa-peristiwa ini membuktikan pentingnya peran generasi muda dalam memberikan peringatan kepada pemerintah dan memperjuangkan kebenaran serta aspirasi rakyat. Kontribusi mereka masih diharapkan terus mengalir, dengan tetap mengikuti prosedur resmi dan tata cara kenegaraan yang sesuai. Hal ini penting dalam mewariskan teladan yang baik kepada generasi berikutnya, dan untuk memperkuat demokrasi negara.

Peran generasi muda merupakan kebutuhan yang abadi. Kepedulian dan kerelaan mereka diperlukan untuk menjaga keselarasan dengan cita-cita pendiri bangsa, serta memenuhi harapan rakyat. Generasi muda juga diharapkan mampu menghadapi tantangan dunia yang semakin kompleks. Untuk itu, mereka harus memiliki tujuan dan cita-cita yang kuat dalam membangun negara. Tindakan nyata mereka akan membuktikan bahwa semangat Bung Karno terus hidup dan bersemayam dalam bentuk karya dan usaha masing-masing individu. Di sisi lain, generasi muda juga memiliki tanggung jawab untuk mewariskan nilai-nilai bangsa kepada generasi berikutnya, termasuk mempertahankan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tugas dan tanggung jawab orang muda dirasakan berat, apabila dilakukan sendiri-sendiri. Untuk itu, perlu dikerjakan secara bergotong royong. Bersama-sama menjalankannya. Melalui ide, kreativitas dan karya pengabdian yang dapat bermanfaat bagi bangsa dan negara. Hanya dengan kebersamaan, bersatu padu, bangsa Indonesia tetap menjadi bangsa yang seperti kita alami saat ini.

Yogyakarta, 17 Agustus 2023

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA