KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Artificial Intelligence

Opini: Artificial Intelligence

Tak bisa dipungkiri, teknologi telah berkembang kian pesat. Berkat internet, akses ke berbagai informasi bisa didapat dengan mudah cukup dengan smartphone. Akibatnya, kualitas karya dan kinerja manusia pun meningkat karena ilmu dan referensi yang bisa didapat secara gratis. Sekarang, teknologi Artificial Intelligence (AI) juga menjadi semakin umum. AI dapat digunakan untuk banyak hal terkait produktivitas.

AI bisa mengerti bahasa manusia. Dipadukan dengan informasi yang dimilikinya, AI bisa digunakan menjadi tentor pribadi. Jika dengan internet kita perlu mencari sendiri jawabannya, dengan AI kita bisa langsung memberi pertanyaan dan mendapatkan jawaban layaknya berbicara dengan manusia. Dalam belajar hal baru, manusia memerlukan arahan agar bisa tahu harus mulai dari mana. AI bisa membantu memberikan arahan, dalam bentuk tahap demi tahap materi yang harus dipelajari, bahkan sampai membuat modul pembelajarannya. Namun, apa yang diberikan hanyalah gambaran luasnya. Untuk lebih menjurus lagi, kita tetap harus melakukan research secara mandiri.

Dalam berkarya, kita memerlukan referensi untuk memberikan gambaran dan ide-ide baru. AI dapat membuat tulisan, gambar hingga video sesuai permintaan secara cepat. Namun, hasil yang diberikan terbatas pada pola-pola tertentu dan tidak bisa diubah secara spesifik. Hasil-hasil tadi bisa dimanfaatkan sebagai referensi manusia dalam berkarya dibanding menggantikannya, karena AI tidak bisa mereplikasi bagaimana manusia menuangkan pemikirannya menjadi makna dalam suatu karya. AI harusnya menjadi alat untuk membantu produktivitas manusia, bukan menggantikan manusia dalam berkarya.

Seperti teknologi lainnya, AI juga memiliki batasan. Melihat hasil pengerjaan AI yang cepat, banyak orang yang mengandalkannya untuk membuat karya sehingga ada kekhawatiran di mana AI bisa menggantikan posisi manusia. Namun, AI tidak bisa menjawab permintaan yang terlalu spesifik, sehingga dibutuhkan kecerdasan manusia untuk bisa memahami konteks dan menyesuaikan hasilnya sesuai keinginan. Peran AI adalah sebagai pembantu, bukan pengganti. Jika digunakan dengan tepat, AI dapat membantu produktivitas manusia sebagai asisten personal yang bisa menjawab pertanyaan dan menyediakan informasi secara khusus.

Yogyakarta, 12 Oktober 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA