KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Hari Kesehatan Nasional

Opini: Hari Kesehatan Nasional

Tanggal 12 November 2023 diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional ke-59. Hari peringatan ini dibuat untuk merayakan keberhasilan Indonesia dalam memberantas wabah malaria di tahun 1964. Terdapat ratusan ribu nyawa yang menjadi korban penyakit ini sehingga pemerintah harus turun tangan untuk membasmi Malaria. Dalam upaya pembasmiannya, dibentuk Komando Operasi Pembasmian Malaria yang dibantu organisasi kesehatan dunia WHO dan USAID. Pembasmian dilakukan dengan menyemprotkan obat jenis DDT secara massal ke rumah-rumah penduduk. Penyemprotan dilakukan sejak 12 November 1959 hingga 12 November 1964 yang menjadi puncak keberhasilan.

Setelah wabah malaria di tahun 60-an, Indonesia pernah menghadapi wabah lain di antaranya penyakit cacar, demam berdarah, sampar, kolera, flu burung, dan flu babi. Dan yang belum lama ini kita hadapi adalah wabah COVID-19. Wabah ini menyebar dengan sangat cepat hingga ke seluruh dunia, dan memberi dampak yang sangat besar bagi keseharian kita. Dari semua wabah yang kita hadapi ini seharusnya bisa menjadi pelajaran tentang bagaimana pentingnya kesehatan. Kesehatan harusnya menjadi aspek yang kita utamakan dibanding hal lain.

Menjaga pola makan adalah hal yang paling utama untuk menjaga kesehatan. Apa yang kita konsumsi akan memberi dampak ke tubuh, baik positif maupun negatif. Maka dari itu, penting untuk memperhatikan apa yang kita makan. Sekarang, banyak makanan dalam kemasan yang dibuat dengan rasa yang menggoda dan dibungkus dengan kemasan yang menarik sehingga memancing kita untuk mencobanya. Namun, banyak makanan kemasan yang mempunyai kalori yang tinggi dan nutrisi yang rendah sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Ada baiknya untuk melihat komposisi dan sumber informasi nilai gizi sebagai pertimbangan sebelum membeli makanan dalam kemasan.

Selain makanan, olahraga bisa membantu menjaga kesehatan. Selain kebugaran fisik, olahraga juga membantu meningkatkan kesehatan mental seperti mengurangi stres dan kecemasan. Tubuh yang aktif bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko terinfeksi dan terserang penyakit. Bagi orang yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk bekerja di depan komputer, sebaiknya rutin berolahraga agar otot tidak menjadi kaku dan lemas. Berolahraga bisa dilakukan pada akhir pekan sekaligus sebagai kegiatan refreshing seperti bermain badminton atau berenang.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ini, mari mulai membangun kesadaran akan kesehatan. Belakangan ini muncul beberapa isu terkait pernyakit yang berpotensi mewabah. Mari tingkatkan kualitas kesehatan dengan mangatur pola makan yang baik dan rutin berolahraga. Semoga kita bisa belajar dari pengalaman Indonesia dalam menghadapi wabah untuk mulai menjaga diri dari penyakit yang menular. Dengan begitu, kita bukan hanya menjaga diri sendiri melainkan juga orang lain.

Yogyakarta, 9 November 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Thomas Ulrich from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA