KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Perlindungan Anak

Opini: Perlindungan Anak

Hari Anak Internasional adalah momen yang sangat penting dalam kalender global untuk mengingatkan kita akan hak-hak anak, memperjuangkan perlindungan mereka, dan meningkatkan kesadaran tentang isu-isu yang dihadapi anak-anak di seluruh dunia. Hari Anak Internasional adalah waktu yang tepat untuk merefleksikan bagaimana kita sebagai masyarakat, pemerintah, dan individu dapat lebih berkontribusi dalam memberikan perlindungan dan mendukung kesejahteraan anak-anak. Anak-anak adalah bagian yang paling rentan dari masyarakat, dan mereka memiliki hak yang sama seperti orang dewasa untuk tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang aman, penuh kasih sayang, dan mendukung.

Namun, peringatan Hari Anak Internasional seharusnya tidak hanya menjadi acara seremonial. Lebih dari itu, ini harus menjadi panggilan untuk bertindak nyata. Hal ini termasuk upaya konkret untuk memberikan akses yang lebih baik terhadap pendidikan berkualitas, perawatan kesehatan yang memadai, perlindungan dari eksploitasi, kekerasan, dan diskriminasi, serta kesempatan untuk berpartisipasi dalam membuat keputusan yang mempengaruhi kehidupan mereka.

Saya percaya penting untuk mengambil tindakan yang nyata dalam memastikan bahwa hak-hak anak dihormati dan dilindungi setiap hari, bukan hanya pada saat peringatan Hari Anak Internasional. Seluruh komunitas harus berkomitmen untuk menciptakan lingkungan di mana setiap anak merasa didengar, dihormati, dan diberi kesempatan yang sama untuk mencapai potensi penuh mereka.

Selain itu, penting juga untuk memberikan perhatian khusus pada anak-anak yang terpinggirkan atau rentan seperti anak-anak dari keluarga miskin, anak-anak yang terkena konflik, migran, pengungsi, atau anak-anak dengan disabilitas. Mereka sering kali menghadapi tantangan yang lebih besar dalam mengakses hak-hak dasar mereka dan harus mendapatkan perhatian yang lebih besar.

Jadi, Hari Anak Internasional harus dianggap sebagai panggilan tindakan yang membutuhkan keterlibatan dan komitmen dari semua pihak untuk memastikan perlindungan, penghargaan, dan perhatian yang memadai terhadap hak-hak anak di seluruh dunia.

Yogyakarta, 16 November 2023

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Alexa from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA