KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Penanaman Bibit Pohon di Kawasan Candi Borobudur

Penanaman Bibit Pohon di Kawasan Candi Borobudur

Pada hari Sabtu (6/1), Pengurus Pusat KAMAJAYA melakukan kunjungan ke Borobudur dan desa di area Borobudur untuk melakukan penanaman bibit pohon untuk mendukung pelestarian lingkungan dan penyelamatan sumber air. Penanaman bibit pohon di Kawasan Borobudur merupakan program kerja Departemen Kerja Sama Organisasi Kemasyarakatan PP KAMAJAYA Periode 2023-2027. Program ini bertujuan untuk membantu penghijauan kembali dan menjaga kehijauan tempat wisata agar tetap nyaman dan asri. Program ini bekerja sama dengan Coca Cola Euro Pacific (CCEP) Indonesia, TWC Borobudur dan P3S-Mandiri. Penanaman bibit pohon juga melibatkan masyarakat, TWC Borobudur, CCEP Indonesia, pengurus dan anggota KAMAJAYA.

Penanaman Pohon ini dimulai pada pukul 7.30 WIB dan diawali dengan sambutan Pak Jamal Mawardi (GM TWC Borobudur) yang mengucap syukur karena masih bisa diberikan kesempatan dan keselamatan untuk hadir di Candi Borobudur dan melakukan program penghijauan. Pihak TWC Borobudur menyambut baik kegiatan ini. Taman-taman wisata seperti Candi Borobudur harus tetap dijaga kehijauan dan kebersihan lingkungannya karena hal ini merupakan standar nasional dan internasional.

Sambutan Pak Jamal (GM TWC Borobudur)

Bu Agustina Retno Setyowati selaku perwakilan CCEP Indonesia berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya langkah-langkah pelestarian lingkungan dan juga membuka potensi area penanaman pohon dalam upaya program konservasi air. Bu Retno juga mengucap syukur karena sehari sebelumnya (Jumat, 5 Januari 2023) kawasan Candi Borobudur diguyur hujan lebat sehingga situasi sangat mendukung penanaman bibit pohon. Bibit pohon bisa cepat bertumbuh dan tanah sudah subur kembali dari kekeringan. Bu Retno juga menjelaskan bahwa tumbuhan yang ditanam adalah jenis tumbuhan buah, seperti asam jawa, alpukat, jambu, kelengkeng, dan sebagainya.

Sambutan Bu Agustina Retno Setyowati (Perwakilan CCEP Indonesia)

Pak Desiderius Viby Indrayana selaku Ketum PP KAMAJAYA dalam sambutannya mengucapkan terima kasih beliau kepada Samiaji Sarosa (Warek II UAJY) dan Pak Yosep Daryanto (Warek III UAJY) yang telah berkenan menghadiri acara tersebut. Acara penanaman bibit pohon mengusung tema Sustainable Green Environment and Smart Water Conservation. Pak Viby menjelaskan bahwa kegiatan ini sejalan dengan komitmen global melalui Sustainability Development Goals (SDGs) yang di dalamnya terdapat konsentrasi mempertahankan ekosistem hijau dan konservasi air bersih. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya menyalakan obor semangat build the nation melalui kegiatan yang bertujuan menjaga kelestarian alam demi generasi masa depan,” jelas Pak Viby lebih lanjut.

Sambutan Pak Viby (Ketua Umum PP KAMAJAYA)

Selanjutnya, Pak Jamal, Ibu Retno, dan Pak Viby melakukan serah terima 200 bibit pohon tanaman dari pihak PP KAMAJAYA ke pihak TWC Borobudur. Serah terima ini menjadi simbol kerja sama dalam mewujudkan penghijauan kembali dan pelestarian sumber air di sekitar kompleks Candi Borobudur.

Serah Terima Bibit Pohon

Penanaman bibit pohon dilakukan di sekitar Candi Borobudur dan beberapa lokasi lainnya di kawasan tersebut. Suasana ceria yang meliputi kegiatan ini membuat peserta menjadi lebih semangat dalam melakukan penanaman pohon untuk penghijauan. Tumbuhan yang ditanam adalah asam jawa di sekitar rumput luas di area Candi Borobudur yang ditanam oleh Pak Viby, Bu Retno, dan Pak Jamal. Lalu ada 10 tumbuhan di Balai Ekonomi Desa, area kompleks Borobudur yang ditanam oleh perwakilan mahasiswa dari KAMAJAYA Scholarship. Lalu 200 bibit sisanya ada di kebun klengkeng, dengan bermacam-macam tumbuhan di tempat tersebut. Tetapi karena waktu yang sangat terbatas, maka hanya sempat menanam tumbuhan jambu di kebun tersebut. Acara ini diakhiri pada pukul 11.35 WIB.

Penanaman Bibit Pohon oleh Billie Ariyanta Hartono (penerima Beasiswa KAMAJAYA)
Penanaman Bibit Pohon oleh Pak Viby (Ketum PP KAMAJAYA)
Penanaman Bibit Pohon oleh Pak Samiaji dan Pak Yosep (Warek UAJY)
Penanaman Bibit Pohon oleh Mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA
Penanaman Bibit Pohon oleh Mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA
Penanaman Bibit Pohon oleh Mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA
Mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA

Diliput oleh:

Teodulus Jonea Christworoaji
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2022
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA