KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Career Insight #3: Persiapan Menjadi Mahasiswa Semester Akhir

Career Insight #3: Persiapan Menjadi Mahasiswa Semester Akhir

Yogyakarta, 19 Januari 2024 – Pada malam hari ini, acara Career Insight #3 telah dilaksanakan dengan lancar dengan mengundang pembicara spesial, yaitu Kak Brigitta Patricia, yang merupakan salah satu Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan 1. Pada malam ini, Kak Brigitta Patricia ditemani oleh moderator, yaitu kak Ariel Rizky Putra Hartono, Kak Ariel merupakan Penerima Beasiswa Aktif KAMAJAYA Scholarship Angkatan 7. Pada acara Career Insight #3 ini, Kak Brigitta Patricia membahas tentang bagaimana cara menghadapi perkuliahan di semester akhir dan juga diberikan beberapa tips yang dapat digunakan dalam perkuliahan di semester akhir.

Poster Career Insight #3

Pada sesi pertama, Kak Brigitta Patricia membahas mengenai persiapan menjadi mahasiswa semester akhir. Pertama-tama, tips yang diberikan mencakup fokus pada tujuan, yang dianggap sebagai langkah krusial dalam mencapai keberhasilan akademis. Selanjutnya, pembahasan melibatkan strategi manajemen waktu, dengan menekankan pentingnya efisiensi dalam menjalani rutinitas akademis. Untuk mendukung kesuksesan akademis, disarankan agar mahasiswa aktif bertanya kepada dosen atau teman sekelas untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait materi perkuliahan. Selain itu, dalam rangka memaksimalkan pengalaman belajar, mahasiswa diingatkan untuk bijak menggunakan sumber daya kampus, seperti perpustakaan yang menyediakan berbagai referensi dan tutor yang dapat memberikan bimbingan tambahan.

Opening Moderator dan Pembicara

Kak Brigitta Patricia juga menyoroti pentingnya menjaga keseimbangan hidup di tengah kesibukan akademis, dengan menekankan perlunya waktu istirahat dan hobi untuk menjaga kesejahteraan mental dan fisik. Selanjutnya, Kak Brigitta memberikan pandangan tentang persiapan masa depan dengan menjelaskan manfaat magang atau pengalaman kerja dalam membentuk landasan karier. Pada akhirnya, harapannya adalah semua saran ini dapat menjadi panduan praktis bagi mahasiswa semester akhir dalam menghadapi tantangan akademis dan mengembangkan diri untuk masa depan yang lebih baik.

Pada sesi kedua, diadakan sesi tanya jawab (Q&A) dan salah satu pertanyaan yang diajukan mencerminkan kebingungan terkait bidang karier yang spesifik dan bagaimana mencari referensi pekerjaan yang sesuai kemampuan dan minat serta bisa menunjang kebutuhan pribadi. Kak Brigitta Patricia menjawab dengan menyarankan untuk mencari minat bakat dan mencari referensi pekerjaan yang sesuai dengan peminatan. Selanjutnya, Kak Brigitta Patricia menekankan pentingnya memahami dengan baik bidang yang dikuasai, tidak hanya untuk membantu dalam menyelesaikan skripsi, tetapi juga sebagai landasan untuk karier masa depan. Selain itu, disarankan agar peserta aktif mencari bidang pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka sendiri.

Dalam sesi rangkuman, closing statement dari Kak Brigitta Patricia menyoroti beberapa poin kunci. Pertama, Kak Brigitta Patricia menekankan pentingnya fokus pada tujuan sebagai langkah fundamental dalam mencapai kesuksesan. Selanjutnya, Kak Brigitta Patricia menggarisbawahi pentingnya memanfaatkan fasilitas yang tersedia, baik di lingkungan kampus maupun di luar, sebagai upaya untuk mengembangkan potensi dan keterampilan. Selain itu, Kak Brigitta Patricia juga menyoroti urgensi menyelesaikan skripsi dengan kenyamanan, merangkum bahwa proses akademis yang efisien dapat memberikan kontribusi besar terhadap kesuksesan mahasiswa. Kesimpulannya, pesan penutup tersebut bertujuan untuk mengilhami para peserta agar dapat menghadapi perjalanan akademis mereka dengan fokus, pemanfaatan sumber daya yang bijak, dan menyelesaikan tugas-tugas akademis dengan penuh dedikasi.

Sesi Dokumentasi

Career Insight #3 telah menyampaikan wawasan, saran, dan tips kepada mahasiswa semester akhir, yang bermanfaat dalam menghadapi tantangan perkuliahan dan menyelesaikan skripsi. Kak Brigitta Patricia, seorang praktisi yang telah sukses dalam kariernya, memberikan pandangan berharga dari pengalaman perkuliahan dan pekerjaannya. KAMAJAYA Scholarship tetap setia dalam memberikan peluang dan dukungan kepada generasi muda, dengan tujuan membantu mereka mengembangkan potensi dan meraih kesuksesan dalam karier mereka. Harapannya, acara ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta untuk membangun jejak sukses mereka sendiri di masa depan.

Diliput oleh:

Joan Laksmita Kusuma Apsari
Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UAJY Angkatan 2022
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA