KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Berpikir Positif

Opini: Berpikir Positif

Percaya dan yakin bahwa apa pun bisa diraih asalkan tetap fokus dan optimis. Kami sebagai mahasiswa tentunya sangat meyakini bahwa di dalam diri kita masing-masing selalu menanamkan sifat optimis. Sifat yang selalu terbayang-bayang di pikiran kami untuk meraih cita-cita yang diinginkan untuk masa depan. Kami harus tetap fokus dalam mengalami berbagai rintangan atau permasalahan tentang perkuliahan, selalu yakin dan selalu berdoa. Asalkan mau berusaha semampu kita, hasil tidak akan mengkhianati usaha. Optimis dalam suatu pekerjaan itu sangatlah penting semua harus dilandasi dengan kejujuran dan saling percaya satu sama lain.

Menanamkan pribadi yang baik akan hal positif merupakan aspek penting dalam pengembangan diri seseorang. Dalam meraih cita-cita untuk masa depan yang baik, mengalami banyak cobaan atau suatu hambatan bukan berarti untuk menyerah justru itulah yang menjadi penguat bagi diri seseorang. Jangan takut gagal dan pantang menyerah. Suatu usaha harus dilandasi dengan kepercayaan diri, yakin bisa bangkit dari keterpurukan tersebut.

Belajar dari pengalaman, menambah wawasan, sering berinteraksi sama orang lain, saling bertukar pikiran akan hal yang positif, itu bisa menumbuhkan kekuatan mental. Komitmen terhadap apa yang akan dilakukan untuk ke depannya, meyakinkan pada diri sendiri untuk selalu menekankan sifat optimis, jangan mengutamakan ego masing-masing agar suatu usaha tersebut membuahkan hasil yang sangat membanggakan. Demikian juga mestinya tetap teguh dalam melakukan hal tersebut. Apabila ada orang yang perlu bantuan kita, jangan menolak untuk membantunya. Tolong menolong untuk sesama itu menumbuhkan kebersamaan yang sangat penting bagi diri masing-masing.

Dalam mengembangkan diri, kita juga perlu mendukung orang-orang sekitar, sadar diri itu juga sangatlah penting untuk menjadi seorang yang baik bijak dalam bertindak. Bersikap sopan santun mempunyai attitude baik yang ditanamkan pada diri sendiri bisa menambah value seseorang. Sikap saling menghormati dan menghargai satu sama lain, juga perlu dipupuk.

Akhir kata, kejarlah cita-cita semampu mungkin, sekuat usaha, meskipun jalannya penuh dengan kelok-kelok, yakinlah bahwa kamu pasti bisa.

Yogyakarta, 22 Februari 2024

Asti Yuliani
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

Image by Wokandapix from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA