KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Peka terhadap Sesama

Opini: Peka terhadap Sesama

Peka terhadap sesama merupakan satu hal yang mesti kita tanamkan dalam kehidupan. Hal itu dapat menjadikan pribadi kita lebih baik ke depannya. Kita dapat berkembang dan membantu sesama bila kita peka terhadap kondisi sesama. Ada banyak cara agar kita dapat menjadi pribadi yang peka terhadap sesama terlebih sesama manusia. Peka adalah suatu sikap yang perlu dimiliki oleh setiap individu. Sebab melalui sikap peka ini, seseorang akan lebih memahami perasaan orang lain.

Ada banyak cara agar kita dapat lebih peka terhadap sesama. Pertama adalah menjadi pribadi pendengar yang baik. Menjadi pendengar bagi sesama dapat memberikan kepada sesama perspektif baru dalam menjalani kehidupan. Selain itu juga, menjadi pendengar dapat memberikan kesempatan bagi sesama untuk mengungkapkan perasaan, keluh kesah ataupun masalah yang sedang dialami. Memberi kesempatan itu setidaknya membuat mereka merasa dianggap dan tidak merasa sendirian.

Kedua adalah responsif dalam arti saat sesama membutuhkan bantuan kita langsung membantu bila mampu. Membantu sesama pun tanpa mengharap pamrih. Membantu dalam bentuk apa pun dan kepada siapa pun itu termasuk juga bentuk peka terhadap sesama. Yang ketiga adalah mengutamakan kepentingan orang lain. Contoh sikap peka yang terakhir adalah seseorang akan lebih mengutamakan kepentingan orang lain dibandingkan dirinya sendiri. Orang-orang yang peka akan siap membantu, mengorbankan waktu, serta mendukung orang lain. Tak hanya itu, dirinya juga terdorong untuk turut berkontribusi secara positif dalam kehidupan orang lain.

Itulah sedikit cara atau tips agar kita dapat menjadi pribadi yang peka terhadap sesama manusia. Di masa kini, peka terhadap sesama sangat berarti karena kita tidak tahu bagaimana kondisi mental seseorang, bisa saja sedang mengalami banyak masalah dan perlu bantuan kita. Tidak hanya itu, nantinya kita pun dapat dibantu oleh sesama bila kita peka terhadap sesama terlebih dahulu. Banyak sekali manfaat bila kita menjadi pribadi yang peka, salah satunya membuat hubungan atau relasi antarteman dan sesama menjadi lebih baik.

Poin penting lainnya adalah karena kita manusia mahkluk sosial yang perlu orang lain untuk hidup dan berkegiatan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu dan menyadarkan kita agar dapat lebih peka terhadap sesama terlebih sesama manusia.

Yogyakarta, 8 Maret 2024

Marcellinus Galih Ruswidyatmoko Nugroho
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA