KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Kartini Masa Kini

Opini: Kartini Masa Kini

Seiring dengan peringatan Hari Kartini setiap tahunnya, kita sering kali dibawa untuk merenung tentang relevansi nilai-nilai yang diperjuangkan oleh Raden Ajeng Kartini dalam konteks zaman sekarang atau masa kini. Meskipun telah berlalu lebih dari seabad sejak perjuangannya, banyak aspek dari idealisme Kartini masih belum terwujud sepenuhnya dalam masyarakat kita saat ini.

Beberapa aspek yang layak dipertimbangkan:

  1. Akses Pendidikan yang Merata

Kartini dikenal karena memperjuangkan hak-hak pendidikan bagi perempuan pada zamannya. Namun, meskipun sudah ada kemajuan signifikan dalam bidang pendidikan di Indonesia, masih ada tantangan besar dalam memastikan akses pendidikan yang merata untuk semua anak, terutama anak perempuan di daerah terpencil.

  1. Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

Meskipun terdapat peningkatan partisipasi perempuan dalam angkatan kerja, masih banyak perempuan yang menghadapi diskriminasi dalam hal gaji, promosi, dan akses terhadap posisi kepemimpinan. Masih ada stereotip gender yang membatasi perempuan dalam mengejar karier di bidang-bidang tertentu.

  1. Peran dalam Keluarga dan Masyarakat

Walaupun ada pergeseran budaya yang menyebabkan peran gender dalam keluarga dan masyarakat menjadi lebih fleksibel, namun masih banyak perempuan yang menghadapi tekanan untuk memenuhi ekspektasi tradisional sebagai ibu dan pengasuh utama di rumah. Kesenjangan antara pekerjaan rumah tangga dan pekerjaan luar rumah masih menjadi isu yang relevan.

Dengan memperhatikan tantangan-tantangan ini, penting bagi kita untuk terus menggali makna dari perjuangan Kartini dalam konteks masa kini. Semangat perubahan dan kesetaraan yang diusung oleh Kartini harus terus dihidupkan dan diimplementasikan dalam tindakan nyata untuk menciptakan masyarakat yang lebih adil dan inklusif bagi semua.

Yogyakarta, 21 April 2024

Marcellinus Galih Ruswidyatmoko Nugroho
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA