KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Pendidikan di Era Digital

Opini: Pendidikan di Era Digital

Pendidikan di era digital sekarang sangat mempermudah para pelajar untuk mendapatkan ilmu baru dari seluruh dunia. Mudahnya akses materi di internet membuat ilmu yang dapat diraih semakin banyak dan kebaruan pun dapat diterima secara cepat. Pada hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari Kamis tanggal 2 Mei ini mengingatkan kita untuk merenung dan memaknai arti pendidikan itu sendiri. Hari ini dapat menjadi hari untuk merefleksikan kondisi pendidikan di negara Indonesia ini. Sejauh mana pendidikan di negara kita berkembang dengan baik.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah akses pendidikan. Masih banyak anak-anak di pelosok negeri yang tidak mendapat akses pendidikan yang layak karena keterbatasan fasilitas. Di era digital ini tidak banyak anak-anak yang merasakannya. Kesenjangan pendidikan di kota dan di desa masih sangat besar. Harus ada upaya dari pihak yang berwenang untuk menyediakan akses pendidikan yang baik bagi anak-anak di pelosok nusantara.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah kualitas pendidikan itu sendiri. Kualitas dari SDM seperti guru dan tenaga pendidik yang berkualitas, kurikulum yang relevan dan fasilitas belajar yang terbarukan. Teknologi yang maju akan percuma bila hal tersebut tidak terlaksana dan tersedia secara merata. Era digital sekarang ini membuat banyak hal berubah dan segala sesuatu menjadi kompleks. Peran setiap individu juga menjadi penting demi terciptanya pendidikan yang baik di Indonesia.

Hari Pendidikan Nasional ini menjadi momentum kita bersama agar dapat peka dengan kondisi pendidikan di negeri ini. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk bersatu demi memberikan pendidikan yang baik demi anak bangsa. Anak-anak kita sekarang akan menjadi generasi penerus yang membangun negara. Menuju Indonesia emas nanti diharapkan putra-putri bangsa dapat memberikan efek yang baik bagi Indonesia. Hanya dengan pendidikan yang berkualitas, negeri ini dapat maju dan dipandang oleh negara lain. Kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang mau kapan lagi.

Ayo sama-sama membangun negeri ini dengan pendidikan serta meningkatkan kualitas SDM negeri kita tercinta, Indonesia.

Yogyakarta, 2 Mei 2024

Marcellinus Galih Ruswidyatmoko Nugroho
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA