KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2024/2025

Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2024/2025

Berdasarkan hasil evaluasi dokumen pendaftaran Beasiswa KAMAJAYA Periode 2024/2025, 61 pendaftar dinyatakan LOLOS EVALUASI dan diundang untuk mengikuti Seleksi Wawancara. Seleksi wawancara akan dilaksanakan antara tanggal 7-31 Mei 2024 dan hasilnya akan dibawa ke Rapat Pleno Panitia Seleksi pada tanggal 1 Juni 2024. Hasil seleksi secara keseluruhan akan diumumkan pada tanggal 24 Juni 2024.

KAMAJAYA Scholarship diperuntukkan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga TIDAK MAMPU untuk menjadi future leaders (tidak harus cerdas, tapi punya kemampuan/potensi akademik untuk menyelesaikan studi di UAJY). Syarat beasiswa KAMAJAYA yang utama adalah MISKIN/TIDAK MAMPU, maka melalui wawancara ini, tim seleksi diharapkan mendapatkan gambaran keseluruhan mengenai profil diri calon penerima Beasiswa KAMAJAYA. Meskipun IPS/IPK bukan menjadi persyaratan pendaftaran beasiswa, namun perlu memperhatikan anak-anak yang IPS/IPK-nya kurang dari 2.75. Perlu ditelusuri apakah penyebab rendahnya IPS/IPK yang bersangkutan, apakah karena cuti kuliah, harus bekerja paruh waktu, masalah keluarga, atau penyebab lainnya. Untuk mahasiswa baru atau yang masih Semester 2, pewawancara juga bisa menelusuri kemampuan akademiknya di SMA. Pada saat wawancara, yang bersangkutan perlu diminta komitmennya untuk menaikkan IPS/IPK.

Wawancara ini sifatnya klarifikasi dan menggali informasi yang lebih detail yang tidak tertuang pada esai yang sudah ditulis. Diharapkan dari wawancara ini, tim pewawancara mendapatkan gambaran lengkap mengenai calon penerima beasiswa sehingga dapat ditarik kesimpulan apakah yang bersangkutan layak dibantu oleh KAMAJAYA Scholarship atau tidak. Akan sangat bermanfaat jika tim pewawancara juga mencatat temuan yang perlu ditindaklanjuti oleh pengurus KAMAJAYA Scholarship (jika ada) terhadap calon penerima beasiswa jika seandainya yang bersangkutan diterima nantinya.

Wawancara dapat dilakukan secara luring (tatap muka) atau daring (melalui aplikasi video conference). Jenis aplikasi yang digunakan berupa ZOOM, WhatsApp, Microsoft Teams, dll. tergantung kesepakatan tim pewawancara. Waktu wawancara dan jenis aplikasi yang digunakan disepakati antara tim pewawancara dengan calon/pendaftar beasiswa.

Untuk kemudahan, panitia seleksi dibagi menjadi 10 tim yang beranggotakan 5 orang. Beberapa tim sudah memulai wawancara dengan memanfaatkan waktu libur dan akhir pekan. Salah satunya adalah Tim 9 yang beranggotakan J. Ellyawati, Agustina Retno Setyowati, Anastasia Guati, Retnaningsih Eni Nendyowati, dan Eduardus Ardian Tanaya. Calon Penerima Beasiswa yang mengikuti wawancara adalah Dominique Adiela Glendine, Selly Wijayantie, Christoper Ariel Ganendra, dan Christopher Kosasih. Wawancara dilaksanakan secara online menggunaan ZOOM.

Setelah wawancara, tim akan berdiskusi untuk menentukan urutan prioritas yang selanjutnya akan dibawa ke Rapat Pleno Panitia Seleksi pada tanggal 1 Juni 2024.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA