KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Apakah Kita Punya Pilihan?

Coretan Mahasiswa: Apakah Kita Punya Pilihan?

Kita harus menyadari bahwa hidup adalah proses belajar tanpa batas yang kita peroleh secara cuma-cuma dari Tuhan Yang Maha Esa. Setiap detik, menit, jam dan hari yang kita lalui merupakan sebuah proses yang berharga. Meski kadang kala hidup tidak selalu indah seperti yang kita harapkan, tapi itulah proses. Proses mengingatkan, menempa dan mendorong kita ke suatu tempat. Tempat yang tidak pernah kita duga, tapi selalu ada makna di dalamnya. Proses membuat aku, kamu dan kita semua belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Masalah dan pergumulan akan selalu hadir sebagai bagian dari proses itu sendiri. Akan tetapi, kita … adalah satu-satunya pribadi yang bertanggung jawab untuk menentukan arah mana yang akan kita tuju. Masa depan seperti apa yang kita harapkan? Arah mana yang tepat untuk dituju? Bagaimana kita melangkah? Kita yang akan menentukan setiap jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Apa kita akan berusaha? Apa kita akan mencari jalan? Atau kita akan menyerah dan menerima “takdir” begitu saja?

Masalah, pergumulan, kekecewaan, sakit hati, dan semua yang tidak baik akan selalu menghantui kehidupan ini. That makes us human. Namun, kita semua punya pilihan. Kita selalu diberi pilihan. Hanya saja, kamu memilih jalan yang mana?

Oleh karena itu, jangan pernah lelah untuk belajar. Jangan pernah lelah untuk berusaha. Kita semua punya pilihan. Selalu ada jalan.

Image by Arek Socha from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA