KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Sahabat

Coretan Mahasiswa: Sahabat

Apakah pembaca merasa ada seseorang yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengan pembaca dan selalu mendukung tanpa syarat? Seseorang yang ada dalam suka dan duka, memberikan dukungan, menghargai, dan menerima kelebihan serta kekurangan. Ya, sahabat. Dia adalah orang-orang yang bisa kita percayai sepenuhnya, kita dapat mengandalkan mereka dalam berbagai situasi kehidupan. Mereka adalah orang-orang yang bisa kita ajak berbagi tawa, cerita, dan rasa bahagia, serta berbagi beban dalam kesulitan dan cobaan. Sahabat adalah sosok yang memberikan kenyamanan dan kebebasan untuk menjadi diri sendiri tanpa takut dihakimi, karena mereka menghargai dan mengasihi kita tanpa pamrih.

Lantas, siapakah sahabat pembaca? Siapa pun itu, penulis percaya sahabat bisa dari berbagai latar belakang. Bisa jadi mereka adalah teman, keluarga, orang tua, guru, atau rekan kerja. Siapa pun mereka yang memiliki ikatan emosional yang kuat dan memberikan dukungan adalah sahabat, dan identitas sahabat pun dapat berbeda-beda untuk orang yang satu dengan yang lain. Tentu sahabat pembaca memberikan warna dan kehangatan dalam perjalanan melalui liku-liku kehidupan, bukan? Menyenangkan sekali.

Tentu tidak ada yang ingin kehilangan sahabatnya. Maka, memperlakukan sahabat dengan baik adalah kunci untuk menjaga dan memperkuat ikatan persahabatan. Mendengarkan dengan tulus ketika mereka berbicara, saling menghargai perbedaan pendapat, dan memberikan dukungan ketika mereka menghadapi kesulitan. Kita patut menjaga kepercayaan yang diberikan, hadir dalam momen penting, dan memberi mereka afirmasi positif. Meluangkan waktu untuk berkumpul bersama, berbicara dengan jujur dan terbuka, serta berempati pada perasaan mereka. Pada intinya, hargailah sahabat dengan ungkapan terima kasih dan penghargaan. Dengan begitu, hubungan persahabatan akan semakin berarti.

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA