KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Seruput Kopi Cantik: Pay it Forward

Seruput Kopi Cantik: Pay it Forward

Judul film yang diadopsi dari novel karya Catherine Ryan Hyde dengan judul yang sama. Pernah dengar kisahnya?

Trevor, seseorang siswa berusia 7 tahun mendapatkan tugas eksperimen sosial yang diberikan gurunya. Ia mempunyai ide sederhana untuk tugas tersebut, yaitu melakukan kebaikan kecil pada 3 orang. Ketika sang penerima kebaikan ingin membalas budi, disarankan untuk memberikan kebaikan kepada orang lain sebanyak 3 orang pula. Ternyata dampaknya menjadi sangat luas. Pecandu narkoba merasa diterima karena merasa diperhatikan. Seorang wanita yang berniat bunuh diri, urung melakukannya. Setiap orang berlomba-lomba melakukan kebaikan, kasih dan perhatian. Disebarkan hingga terus menggulung mempengaruhi ribuan orang, sekelompok masyarakat berubah perilakunya, dimulai dari tindakan kebaikan kecil seorang anak berusia 7 tahun. Menarik bukan?

Dulu saya sungkan kalau menyumbang dalam jumlah kecil.

Duh… si A menyumbang sebegitu besar, masa saya hanya memberi sekian. Akibatnya memilih tidak memberi. Malu ah…

Sejak terinspirasi oleh kisah Pay It Forward, saya sadar, berbagi meski dalam jumlah kecil, seperti Trevor ternyata dampaknya luar biasa hingga mempengaruhi banyak orang. Bahkan menginspirasi dunia. Kasih, ketulusan dan action, itu kuncinya.

Mengapa tidak melakukannya?

Kisah ini juga menginspirasi lahirnya KAMAJAYA Scholarship karena Konsep Beasiswa KAMAJAYA adalah DANA BERGULIR. Uluran kasih dari para donatur KAMAJAYA Scholarship akan diteruskan oleh mahasiswa penerima beasiswa jika mereka sudah Lulus dan Bekerja kepada mahasiwa-mahasiswa lainnya.

Memberi yang terpenting adalah motivasi hati kita yang tulus hendak berbagi. Bukan untuk dinilai orang lain. Ketika saya memberi sesuai kemampuan dan tidak memberatkan, mendorong saya berbagi ke mana-mana. Ternyata berbagi itu menyenangkan. Memberi dengan sukacita, Tuhan berkenan.

Dan berbagi bukan hanya uang semata. Berbagi hidup, ilmu, inspirasi, perhatian dan hal-hal baik. Benih yang ditabur tidak akan pernah kembali dengan sia-sia. Tuhan akan memberkatinya hingga berbuah berlipat kali ganda.

Mari kita mempraktekkannya!

“If you can’t pay it back, pay it forward.” — Catherine Ryan Hyde. “You can have everything in life you want, if you will just help other people get what they want.”

“Jika Anda tidak dapat membayar kembali, bayarlah kepada orang lain.” – Catherine Ryan Hyde. “Anda dapat memiliki segalanya dalam hidup, jika Anda bersedia membantu orang lain mendapatkan apa yang mereka inginkan.”

☕☕YennyIndra☕☕

Pengurus KAMAJAYA Scholarship membuka kesempatan kepada Bapak/Ibu untuk ikut mengisi rubrik LENTERA ATMA. Kirimkan saja bahan tulisan (Font Times New Roman 12, spasi 1.5, maksimal 1.5 halaman A4, diketik dengan MS Word) tersebut ke scholarship@kamajaya.id.

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA