Perbedaan

Dalam Bahasa Indonesia, ketika seseorang mengungkapkan rasa syukur atas bantuan dan kebaikan yang diterimanya dari orang lain maka akan mengucapkan kata “terima kasih”. Dalam berbagai daerah, kata terima kasih bisa diucapkan dengan bahasa masing-masing daerah. Terima kasih dalam bahasa Jawa yaitu “matur nuwun”, dalam bahasa Sunda yaitu “hatur nuhun”, dalam bahasa Bali yaitu “matur sukseme”, dan masih banyak lagi. Pengucapan kata terima kasih yang berbeda-beda di berbagai daerah merupakan contoh kecil perbedaan yang ada di Indonesia. Indonesia dikenal dengan perbedaannya, mulai dari suku, ras, agama, dan lainnya. Maka dari perbedaan itu, terciptalah semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya adalah “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Manusia diciptakan berbeda-beda, bahkan anak kembar sekalipun pasti memiliki perbedaan. Dalam lingkungan terkecil kita yaitu keluarga, kita pasti sudah menemukan banyak perbedaan. Misalnya beda pendapat, pemikiran, kepribadian, kebiasaan, minat, dan sebagainya. Perbedaan itu akan semakin besar jika kita melihat dalam lingkup masyarakat dan negara. Namun, justru di situlah letak kekayaan dan kekuatan kita. Seringkali kita mengalami perbedaan pendapat dan saling bergesekan dalam berbagai aspek. Namun jika kita tetap saling menghargai, gesekan itu justru menajamkan pikiran, wawasan, bahkan cara pandang kita.

Dari berbagai perbedaan yang ada di sekitar kita, kita bisa belajar bahwa perbedaan itu indah dan sangat berharga. Sama seperti pelangi yang terdiri dari berbagai warna, tentu akan lebih indah jika dibandingkan dengan satu warna. Hidup dalam keberagaman dan perbedaan dapat dijaga jika kita saling menghargai yang dapat dimulai dari dalam keluarga, masyarakat, dan negara. Jangan karena suatu perbedaan kita mem-bully teman kita atau orang lainnya. Jangan juga kita saling menjatuhkan dan mengganggu orang lain karena perbedaan yang ada. Perbedaan itu seharusnya merekatkan bukan memisahkan. Perbedaan itu seharusnya membuat kita belajar saling melengkapi bukan membatasi diri.

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA