KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Kuliah Daring, Menyenangkan atau Tidak?

Coretan Mahasiswa: Kuliah Daring, Menyenangkan atau Tidak?

Hadirnya virus corona membuat hampir seluruh institusi pendidikan memberlakukan kebijakan kuliah daring untuk mengatasi penyebaran virus corona. Penerapan kebijakan tersebut tentu juga dilakukan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta sesuai dengan surat edaran Rektor No. 82/In/R yang menerapkan sistem kelas online sejak tanggal 16 Maret 2020. Melalui surat edaran tersebut, Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang biasa dilakukan juga turut diubah bentuk kegiatannya.

Seminggu telah berlalu setelah surat edaran Rektor tersebut beredar. Kita telah merasakan kuliah daring dan berdasarkan pengalaman saya, kuliah daring ternyata jauh lebih menyenangkan. Kita tidak perlu pergi ke kampus dan bahkan suasana perkuliahan jauh lebih santai dan tidak terbebani. Oleh karena itu, hampir seluruh mahasiswa mengikuti perkuliahan tidak seperti pada perkuliahan tatap muka seperti biasanya.

Walaupun begitu, menurut saya kuliah daring juga memiliki kekurangan tersendiri. Misalnya, kelas kurang efektif. Adanya daerah-daerah yang masih sulit menjangkau sinyal seperti saya terkadang tidak dapat mendengar suara apa-apa sehingga terkadang saya harus menghubungi salah satu teman saya untuk menanyakan tentang apa yang sedang dijelaskan. Selain itu, dengan tidak adanya jaringan WiFi di rumah, saya membutuhkan banyak kuota internet dan baru saja seminggu menjalani kelas daring, saya sudah menghabiskan kuota sebesar 11 GB.

Jika kita lihat, ternyata memang ada kelebihan dan kekurangannya. Namun, kuliah daring secara garis besar memang memberikan suasana yang berbeda dan justru membuat mahasiswa lebih santai dari biasanya. Selain itu, jika dilihat di luar kasus virus corona, kuliah daring juga membantu mahasiswa yang berhalangan hadir (sakit dan berada di luar kota) untuk bisa tetap menghadiri kegiatan perkuliahan. Namun, memang untuk memaksimalkan sistem kuliah daring diperlukan infrastruktur yang mendukung terutama jaringan internet.

Sumber gambar: https://blog.gotomeeting.com/gotomeeting-puts-class-online-classes/

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA