KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hidup yang Dipenuhi dengan Kasih Karunia

Lentera Atma: Hidup yang Dipenuhi dengan Kasih Karunia

Kasih karunia memiliki banyak sekali makna dan dapat digunakan dalam konteks yang berbeda-beda. Kasih karunia bisa berarti memberi, kasih, perkenanan, kemurahan hati, dan masih banyak lagi. Kasih karunia yang hidup di dalam diri kita akan memberikan berbagai dampak, yaitu:

  1. Kasih karunia adalah motivasi kita untuk memberi lebih dari apa yang kita punya.
    Terkadang kita menggunakan cara pandang manusia dan sering kali kita menggunakan sudut pandang kasih karunia. Kita harus menjadikan kasih karunia sebagai mata kita, sehingga kasih karunia adalah alasan kita memberi melebihi dari kemampuan kita. Hanya oleh kasih karunia kita bisa memberi.
  2. Kasih karunia menyadarkan kita bahwa melayani adalah sebuah kehormatan.
    Kita harus sadar bahwa sesungguhnya kita tidak layak untuk melayani, tetapi Tuhan telah melayakkan kita sehingga kita tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kasih karunia di sini memiliki konteks yang sama seperti kebaikan yang diberikan Tuan kepada hamba. Hamba seharusnya begitu menghargai tugas dari Tuannya.
  3. Kasih karunia menjadi tindakan dan bukti dari kasih karunia Tuhan di dalam hidup kita.
    Arti kata ‘kasih’ adalah ‘grace’. Kata ‘kasih’ juga diambil dari kata ‘charis’ atau ‘anugerah’. Pemberian adalah bukti bahwa kita telah menerima anugerah. Kita bisa melayani karena kasih karunia dan bahkan bentuk pelayanan adalah yang mencontoh dari anugerah Tuhan buat kita. Kita akan belajar mengampuni, rendah hati, belas kasihan, tidak perhitungan, tidak curiga, dan masih banyak lagi yang membuat kita memberi kasih karunia terhadap sesama.

Tuhan tidak berhutang pada kita karena Tuhan sudah berikan semuanya bagi kita. Hati yang mau melayani dengan setia hanya bisa didapatkan ketika kita merenungkan setiap kasih karunia Tuhan. Ketika kita mengandalkan kekuatan kita, kita tidak akan sanggup lagi untuk memberi. Namun ketika kita mengandalkan kasih karunia Tuhan, kita akan memberi yang terbaik dengan kasih karunia Tuhan sebagai fondasinya. Hati yang mau memberi lebih akan ada di dalam setiap kehidupan kita, ketika kita menerima kasih karunia Tuhan.

Image by aKs_phOtOs from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA