KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Gratis

Lentera Atma: Gratis

Kita tentu akrab dengan kata “gratis”. Bahkan tidak hanya akrab, tetapi juga menyukainya. Diskon saja kita suka, apalagi gratis.

Namun, marilah kita mendalami makna kata “gratis”. Dalam bahasa Latin, ada ungkapan yang bunyinya: “gratis accepistis gratis date” yang artinya “kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma”. Jadi, “gratis” = “cuma-cuma”.

Namun, kata “gratis” dalam bahasa Latin ini sebenarnya memiliki makna yang jauh lebih mendalam daripada sekedar “cuma-cuma”. Kata “gratis” berasal kata “gratia”, yang artinya “rahmat”. Jadi, apa pun yang kita terima secara “cuma-cuma” atau “gratis”, sebenarnya adalah “rahmat”. Hidup kita, tubuh kita, waktu, dan banyak hal lain, kita terima secara gratis dari Tuhan. Artinya, itu semua adalah rahmat.

Rahmat yang kita terima itu harus kita bagikan kepada orang lain. Rahmat apa pun yang diberikan kepada kita, bukan hanya untuk kita manfaatkan sendiri, tetapi mesti kita gunakan juga untuk merahmati orang lain. Sudahkah hidup kita menjadi rahmat bagi sesama?

Image by Thanks for your Like • donations welcome from Pixabay (edited)

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA