KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Berbagi untuk Berbuah

Coretan Mahasiswa: Berbagi untuk Berbuah

Mendahulukan kepentingan orang lain atau kepentingan bersama merupakan salah satu nilai yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi. Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan lainnya. Terkadang kita membutuhkan bantuan orang lain, dan terkadang orang lain yang membutuhkan bantuan kita. Hanya waktu yang menentukan kapan, di mana dan kepada siapa kita harus mengulurkan tangan kita.

Berbagi adalah hal yang penting. Dengan berbagi, kita memanusiakan diri sendiri sembari memanusiakan orang lain. Jalan hidup setiap manusia berbeda-beda. Berbagilah yang kalian punya. Berikan kelebihan yang kalian punya untuk melengkapi kekurangan orang lain. Bagikan apa pun yang dapat kalian bagikan untuk membantu orang lain. Selain materi, kalian bisa berbagi cinta kasih, cerita, canda, tawa, dukungan ataupun kehadiran bagi orang lain yang sedang membutuhkan. Semua itu berharga. Kita tidak pernah tahu setiap bantuan kita, sekecil apa pun, dapat berdampak signifikan di hidup orang lain.

Saya percaya sebuah peribahasa “Apa yang kamu tabur itulah yang kamu tuai”. Peribahasa tersebut selalu mengingatkan saya untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkan bantuan tangan saya. Sekecil apa pun itu, kelak juga akan berbuah baik dalam hidup saya. Buah-buah baik yang menjadikan hidup kita lebih bermakna. Percayalah, setiap kebaikan yang kita tebarkan akan menuai lebih banyak kebaikan di hidup kita. Walaupun dengan cara yang tidak kita duga. Jangan ragu untuk berbagi, agar kita dapat berbuah lebih baik.

Image by Shameer Pk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA