KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Pemeliharaan dan Campur Tangan Tuhan

Lentera Atma: Pemeliharaan dan Campur Tangan Tuhan

Banyak orang bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, mengapa seakan-akan Engkau tidak memperhatikan aku? Mengapa Engkau mengabaikan aku? Mengapa yang lain hidupnya enak, dipelihara, dan mengalami hal-hal yang baik, sedangkan aku, hidupku tersembunyi dari TUHAN, dan hakku tidak diperhatikan Allahku?” Di masa pandemi ini, ada banyak kondisi yang tidak menentu, dan banyak orang yang bertanya, “Lalu, hidupku seperti apa?” Di masa pandemi ini, ada bisnis-bisnis yang berkembang, seperti bisnis di bidang kesehatan, tetapi juga ada banyak bisnis yang menurun, karena orang mengupayakan kebutuhan-kebutuhan pokok terlebih dahulu. Kebutuhan lain mulai disingkirkan. Banyak orang yang bertanya kepada Tuhan, “Tuhan, apakah aku salah bisnis, apakah aku salah arah?”

Tuhan tidak pernah melupakan momen di mana Tuhan menjamah kita, memberkati kita, dan campur tangan dalam kehidupan kita. Sekali Tuhan berkenan kepada kita, jangan berpikir bahwa Tuhan mudah melupakan kita. Tuhan tidak pernah melupakan kita, meskipun acapkali kita melupakan Tuhan. Pandemi ini sudah berlangsung selama satu tahun lebih, ada banyak hal yang tidak jelas. Tidak tahu pekerjaan yang kita geluti akan bertahan atau tidak, di-PHK atau tidak, anak-anak yang belajar online, mengerti atau tidak. Di tatanan yang baru nanti kehidupan kita seperti apa, tidak tahu. Sekolah, pekerjaan nantinya akan seperti apa? Apakah tahun kedua nanti pandemi akan selesai? Kita tidak tahu, kehidupan ke depan seperti apa kita tidak tahu.

Setiap kita bangun, kita hanya melakukan sejauh yang bisa kita lakukan. Itu sangat terbatas. Kita tidak tahu dunia ini akan seperti apa. Tetapi Tuhan tetaplah Tuhan yang pegang kendali hidup kita. Di antara kita mungkin ada yang merasa tidak layak, tidak cukup kudus, tidak sungguh-sungguh, tidak cukup mampu untuk menyelesaikan tujuannya. Jangan pikir bahwa kita tidak mampu dan Tuhan tidak suka. Kita terhilang dan Tuhan tersembunyi dari kita. Ingatlah, bahwa Tuhan dengan kekuatan-Nya akan melayakkan kita dalam panggilan-Nya, menyempurnakan pekerjaan kita, Dia menolong kita. Jangan berpikir bahwa hidup kita tersembunyi di hadapan Tuhan. Pemeliharaan dan campur tangan Tuhan itu tidak pernah berakhir. Tuhan yang memanggil kita setia. Dia yang sudah memulai semua yang baik, Dia yang akan meneruskannya sampai pada akhirnya. Tanpa kita sadari, Tuhan terus bekerja dalam hidup kita. Kita berpikir bahwa Tuhan telah melupakan kita, hidup kita tersembunyi dari Tuhan. Itu pemikiran yang salah.

Image by Pexels from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA