KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Manusia dengan Cara Berpikirnya

Lentera Atma: Manusia dengan Cara Berpikirnya

Manusia adalah pelaku sejarah, penggerak peristiwa, dan keturunan yang diciptakan dengan akal budi, hati nurani, dan kebebasan. Di antara 7 miliar manusia, pastinya mereka mempunyai jalan hidup dan latar belakang masing-masing. Mereka berbeda, namun kesamaan harapan untuk hidup yang layak tetap sama. Perlakuan, pandangan, dan pikiran diri sendiri maupun dari orang lain membuat perbedaan cara manusia untuk menghadapi permasalahan.

Seorang profesor dari Stanford mengemukakan bahwa terdapat dua jenis pikiran yang membentuk manusia itu tersendiri, Growth Mindset dan Fixed Mindset. Di mana Growth Mindset merupakan pemikiran untuk tetap berkembang, sedangkan Fixed Mindset merupakan pemikiran yang mutlak. Mutlak bahwa mengetahui keterbatasan dirinya, menolak terhadap kemungkinan kecil yang terjadi bahkan cenderung pesimis terhadap realita. Berbeda dengan Growth Mindset, yang terus berkembang, mau dikoreksi, dan berusaha lebih baik.

Tetapi keterbatasan dalam cara berpikir mereka, juga merupakan suara yang perlu dipahami. Bagaimana cara mereka mau keluar dari pemikiran lama demi pemahaman yang baru? Mengapa? Karena tidak ada yang bisa mengubah mereka, kecuali diri individu itu sendiri. Terlebih, pemikiran kita adalah cara kita bertahan hidup, menyelesaikan masalah dan berpikir meski hal kecil sekalipun. Pikiran kita, adalah hal penting selama seumur hidup, maka buatlah kenyamanan dalam pola pikir kita sendiri. Manusia pasti berubah dan perubahan yang diharapkan adalah senantiasa semakin baik, dengan diri sendiri dan untuk diri sendiri.

Image by Free-Photos from Pixabay

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA