KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hidup Adalah Sebuah Perjalanan

Lentera Atma: Hidup Adalah Sebuah Perjalanan

Sering kali kita berpikir untuk apa kita hidup dunia ini. Hidup sering kali berjalan tidak sesuai yang kita harapkan. Banyaknya masalah yang datang dan pergi sering kali membuat kita lelah dan merasa tak berdaya. Hidup tak selalu menyenangkan namun juga tak selalu menyedihkan. Ada kalanya kita bahagia namun juga ada kalanya kita merasa sedih. Semua itu adalah bagian dari sebuah perjalanan hidup. Perjalanan hidup bukan sekadar dilalui dan dilewatkan begitu saja, tapi setiap momennya mengandung makna bagi kehidupan kita.

Memaknai sebuah kehidupan bukan sekadar kita bersyukur, namun juga senantiasa menikmati setiap hal yang kita jalankan dalam kehidupan ini. Setiap masalah yang datang akan memberikan makna tersendiri bagi perjalanan hidup kita. Setiap kebahagiaan yang datang akan mewarnai perjalanan hidup kita. Terus berjalan ke depan adalah hal yang terlihat mudah. Namun pada kenyataannya, hidup tak semudah itu. Apakah dalam hidup ini kita hanya akan diam di tempat?

Barangkali kita sering mengeluh tentang apa yang kita hadapi. Pada dasarnya mengeluh juga merupakan salah satu bentuk cara untuk mengeluarkan keluh kesah yang ada di dalam hati. Namun, menjalankan hidup ini tentunya akan terasa lebih mudah bila kita bisa menjalaninya dengan penuh keihklasan. Ihklas bukan hanya berarti tidak mudah mengeluh. Akan tetapi, juga sadar bahwa kita hidup di dunia ini tidak hanya untuk diri kita sendiri. Terkadang, kita tidak sadar bahwa ada orang yang membutuhkan kita. Berbagi pada orang yang membutuhkan berarti kita menyadari bahwa makna dari perjalanan hidup ini lebih luas dari yang kita bayangkan.

“Tidak masalah seberapa lambat kau berjalan asalkan kau tidak berhenti.” – Confucius

Image by Larisa Koshkina from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA