KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Menjadi Agent of Change

Coretan Mahasiswa: Menjadi Agent of Change

Bung Karno pernah berkata, “Berikan aku satu pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Kata-kata ini merupakan sebuah harapan bahwa masa depan bangsa ditentukan oleh generasi muda saat ini. Maka, peran pemuda saat ini akan berdampak di masa yang akan datang.

Sejak dulu, pemuda selalu bersinar dalam mengambil peran untuk mengubah. Jika kita mengingat ketika terjadi vacum of power di Indonesia pada masa penjajahan, golongan muda langsung mendesak Soekarno dan Hatta untuk memproklamirkan kemerdekaan sampai akhirnya Indonesia bebas dari penjajah. Setelah merdeka pun, pemuda masih terus menunjukan perannya melawan ketidakadilan yang terjadi di pemerintahan dengan satuan aksi mahasiswa yang menuntut adanya reformasi di tahun 1998.

Pada masa saat ini, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjadi agen perubahan dengan melakukan hal-hal positif dan produktif, salah satunya adalah berperan aktif di lingkungan masyarakat. Tidak selalu hal besar, kita bisa memulainya dari mematuhi setiap peraturan agar semua hal tetap pada jalurnya. Kemudian, kita juga dapat terus belajar dan berkarya agar bangsa ini tidak bergantung dan dapat bersaing dengan bangsa lain. Selain itu, hal yang paling penting adalah saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan yang ada agar dapat bersatu di tengah keragaman suku dan budaya yang ada. Mencintai kebudayaan yang ada seperti menjaga dan melestarikannya, dan memakai produk buatan Indonesia, juga menjadi hal yang utama karena tidak ada suatu bangsa yang maju, yang tidak mencintai bangsanya.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA