KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Insecurity

Lentera Atma: Insecurity

Apa itu insecurity? Insecurity memiliki arti merasa tidak aman, serta timbulnya keadaan low-self esteem. Pasti semua orang pernah mengalami insecurity terhadap diri sendiri maupun insecure terhadap orang lain. Bahkan, Adam dan Hawa pun pernah merasakan insecurity karena ketidaktaatan mereka saat memakan buah pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, yang dilarang oleh Tuhan, yang mengakibatkan Adam dan Hawa diturunkan ke bumi dalam keadaan telanjang. Lalu, mereka merasa tidak aman (insecurity) dan menyemat daun pohon ara serta membuat cawat untuk menutupi ketelanjangan mereka.

Kita pasti pernah mengalami insecurity, baik dalam hal bentuk tubuh, kemampuan, pencapaian, dan masih banyak lagi, yang membuat kita merasa tidak berguna, tidak sempurna, sehingga menurunkan rasa kepercayaan diri kita. Sering kali juga kita merasakan insecurity karena kritikan orang lain yang dihunjamkan kepada kita. Kritikan tajam yang semakin membuat kita kehilangan rasa kepercayaan terhadap diri kita sendiri.

Lalu, apakah kita boleh merasa insecure? Jawabannya tentu saja boleh. Setiap orang pasti memiliki saat di mana mereka overthinking tentang banyak hal termasuk insecurity dalam diri mereka yang menyebabkan mereka merasa tidak aman, gelisah, serta tidak percaya diri terhadap diri sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan saat perasaan insecure itu muncul dalam diri kita? Tindakan yang tepat untuk dilakukan adalah menjadikan rasa insecure yang kita miliki sebagai motivasi untuk memperbaiki diri agar menjadi lebih baik. Kita sebagai manusia memang tidak sempurna, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Akan tetapi, kita bisa mengubah ketidaksempurnaan itu untuk menjadi acuan agar kita berusaha untuk lebih baik dan lebih maju.

Mengubah mindset bahwa setiap orang berhak insecure terhadap diri masing-masing, karena insecurity dalam diri sendirilah yang membuat kita terpacu untuk maju dan menjadi lebih baik. Setiap kritikan dan saran yang kita terima dari orang lain, kita jadikan sebagai kata-kata motivasi bagi diri kita untuk membuat perubahan. Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, kita hanya bisa bersyukur dengan apa yang diberikan-Nya. Setiap manusia memiliki kekurangan, setiap manusia tidak sempurna. Maka dari itu, jangan terlalu insecure sehingga merendahkan diri sendiri. Berusahalah menjadi versi terbaik bagi diri sendiri. Lakukanlah perubahan yang tepat bagi diri sendiri.

Be the best version of yourself. Don’t let others lower your confidence. Be perfect in imperfection. Less insecure more grateful.

Image by PDPics from Pixabay

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA