KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Mencintai

Lentera Atma: Mencintai

Dalam dunia pendakian, terdapat kata-kata “pecinta alam tentu akan menjadi penikmat alam namun penikmat alam belum tentu menjadi pecinta alam”. Arti pecinta alam yang sebenarnya adalah dengan sadar perlunya menjaga kelestarian alam agar tetap terjaga dan tidak pernah mencemari alam dengan hal apa pun. Sebagai penikmat alam, sering kali tidak peduli dengan kelestarian alam, dan hanyalah menikmati saja.

Begitu pula dengan kehidupan, mencintai kehidupan disertai dengan niat tulus, sepenuh hati tanpa pengecualian. Sementara menikmati, lebih cenderung menikmati saja, tanpa ada rasa kepedulian akan sekitar. Mencintai kehidupan serta apa yang dikerjakan dan akan dibarengi dengan menikmati. Dengan mencurahkan segala sesuatu yang kita miliki untuk mengerjakan segala hal, serta menghasilkan sesuatu yang berguna bagi orang lain.

Sama seperti mencintai alam, dengan menjaga dan melestarikannya akan berdampak baik bagi yang menjalankannya. Mencintai kehidupan juga dengan cara menjaga dan melestarikan apa yang kita bangun dalam diri, dan mampu berguna bagi orang di sekitar serta akan kembali ke diri sendiri. Jadi, berikan hal yang terbaik untuk orang lain dengan segala sesuatu yang positif atas dasar mencintai. Tidak perlu memikirkan apa yang orang lain berikan balik ke kita dalam bentuk seperti apa, namun yang utama dengan memberikan cinta yang total terhadap orang lain.

Image by Ben Kerckx from Pixabay

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA