KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Self Healing

Lentera Atma: Self Healing

Bangun pagi di hari Senin, menjadi awal dalam menyambut hari-hari selama 1 minggu ke depan. Kegiatan yang sama seperti minggu-minggu yang telah berlalu akan berlanjut dan mungkin sedikit monoton.

Beberapa orang akan mulai sibuk bekerja, kuliah, belajar, dan bersosialisasi secara online maupun bertemu langsung. Tanpa kita sadari, rata-rata setiap orang merasa berat menjalani hari Senin karena masih terbawa suasana weekend dan liburan di akhir pekan. Liburan akhir pekan yang singkat jika dimanfaatkan dengan baik akan membantu menyegarkan pikiran setelah seminggu sibuk bekerja dan menguras tenaga.

Manusia dituntut untuk profesional dalam setiap bidang dan tanggung jawabnya. Tapi kadang kita lupa bahwa, tidak selamanya kita bisa menyatakan bahwa kita tidak lelah, kita masih fokus, kita bisa bekerja dengan baik dalam beberapa waktu yang lama tanpa jeda istirahat. Begadang, overthinking, stres memikirkan hari-hari berikutnya, insecure, tidak percaya diri akan kemampuan dan hasil kerja, hal-hal ini merupakan beberapa contoh yang sering menguras pikiran walaupun fisik kita sedang beristirahat.

Banyak orang yang secara jasmani tidur, namun di dalam pikiran banyak memikirkan hal-hal seperti contoh di atas. Jika hal ini selalu dilakukan, akan berdampak buruk terhadap kesehatan mental kita. Oleh karena itu, kita diharapkan menemukan “sesuatu” yang mampu menenangkan pikiran kita, seperti melakukan hobi di sela waktu istirahat, dan jangan mencampuri dengan kegiatan apa pun saat itu juga. Kuncinya adalah rileks dan percaya diri bahwa kita dapat menjalani hari ini dengan baik. Gali apa yang kamu ketahui tentang dirimu, kesukaanmu, apa yang bisa memberi kebahagiaan. Manfaatkan waktu dengan baik di waktu istirahat seperti berolahraga, yoga, menonton film kesukaan, makan makanan kesukaan, jalan-jalan, berkebun, dan lain-lain. Sehingga ketika kita menikmati waktu istirahat yang telah ada, kita dapat siap dan fokus untuk melanjutkan tanggung jawab selanjutnya.

“Kamu tidak dapat mengontrol semuanya. Terkadang kamu hanya perlu rileks dan yakin bahwa segala sesuatunya akan berhasil. Lepaskan sedikit dan biarkan hidup terjadi.” – Kody Keplinger

Image by mohamed Hassan from Pixabay

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA