KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Tanggapan atas Kesibukan

Lentera Atma: Tanggapan atas Kesibukan

Waktu kecil, aku selalu beranggapan bahwa dewasa adalah hal yang paling menyenangkan. Akan tetapi pada kenyataannya, makin dewasa dan bertambahnya umur kita, makin besar pula tanggung jawab kita. Anggapan menyenangkan itu seakan hilang dan terkadang pikiran ini terbawa kembali ke masa kecil yang serasa tidak memiliki beban. Semakin kita dewasa, akan semakin banyak hal yang kita kerjakan dan semakin banyak hal yang kita pikirkan. Masa depan, masa kini, pekerjaaan, pendidikan, relasi, dan hubungan asmara masa muda. Hal-hal tersebut adalah sebagian contoh dari banyak hal yang pastinya kita semua pikirkan.

Pikiran yang rumit serta aktivitas yang padat terkadang membuat kita merasa tertekan. Di kalangan anak muda masa kini bahkan muncul kata yang sedang trend untuk menggambarkan pikiran yang sedang runyam, yaitu overthinking. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tanggung jawab dan kesibukan kita sering kali membuat kita lelah bahkan stress.

Pikiran kita adalah kunci utama dalam tanggapan kita terhadap apa pun yang kita jalani dan alami dalam proses hidup kita. Stress adalah pilihan, apakah kita memilih untuk menjalani sesuatu secara tertekan atau kita menikmati alurnya dan bersyukur atas apa yang kita jalani sekarang. Banyak orang merasa terbebani karena mereka melakukan terlalu banyak hal, tetapi saya merasa mereka terlalu sedikit melakukan hal yang penting dan membuat mereka merasa hidup. Nikmati segala kesibukanmu dan jangan lupa untuk melakukan apa yang penting dan membuatmu bahagia.

Image by anncapictures from Pixabay

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA