KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hidup Menghormati

Lentera Atma: Hidup Menghormati

Kita tentu saja sering mendengar kata menghormati. Dalam bahasa Inggris, menghormati disebut respect. Banyak pertanyaan yang muncul di benak kita. Apa dan siapa yang harus dihormati? Bagaimana cara menghormati? Kapan dan di mana kita harus menghormati?

Ada tiga hal yang harus dihormati. Pertama, kita harus menghormati Tuhan. Kita tidak memerlukan banyak alasan untuk menghormati Tuhan, sebab Ia adalah pencipta alam semesta dan pemberi kehidupan. Meskipun saat ini dunia memiliki banyak agama, namun tujuan dari setiap agama itu adalah satu, yaitu menghormati-Nya dengan cara beribadah kepada Tuhan YME.

Kedua, kita harus menghormati sesama makhluk hidup; manusia, hewan, dan tumbuhan (alam). Menghormati sesama manusia itu sangat penting. Ada sebuah pepatah yang mengatakan, “Jika ingin dihormati, maka hormatilah orang lain. Jika kamu tidak menghormati orang lain, maka jangan minta orang lain untuk menghormatimu.” Sebuah pepatah yang memiliki makna yang mendalam. Kita juga perlu menghormati makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Mereka adalah penopang kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan menjadi sumber makanan dan semua yang dipakai oleh manusia berasal dari alam. Banyak cara untuk menghormati sesama makhluk hidup, seperti tidak egois serta mementingkan dan mengutamakan orang lain. Cara menghormati alam juga sangat banyak. Menghemat energi dan menggunakan sumber daya alam secukupnya merupakan salah satu cara menghormati alam. Penggunaan sumber daya alam yang berlebihan akan merusak alam dan dampaknya akan sangat merugikan manusia.

Dan yang ketiga adalah menghormati diri sendiri. Banyak orang yang tidak menganggap menghormati diri sendiri itu penting. Namun nyatanya, menghormati diri sendiri itu sangat penting. Contoh yang paling mudah adalah mengapresiasi usaha diri sendiri. Tidak jarang kita merasa insecure oleh hasil kerja orang lain tanpa memperhatikan hasil kerja kita seperti apa. Akhirnya, kita menjadi rendah diri dan berputus asa. Akan timbul banyak dampak dari rendah diri dan berputus asa. Jadi, kita sangat perlu untuk menghormati diri sendiri.

Terapkan dan hormatilah ketiga hal di atas di mana pun kita berada. Apakah sulit? Tentu. Namun, dengan usaha dan niat hati yang baik, kita akan bisa dan terbiasa untuk menghormati. Terakhir, pertanyaan renungan untuk kita semua: Maukah kita menghormati Tuhan, sesama makhluk hidup, dan menghormati diri kita sendiri?

Image by Cristian Ferronato from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA