KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Sukacita dalam Perbedaan

Lentera Atma: Sukacita dalam Perbedaan

Manusia sebagai makhluk yang diberikan kelebihan dan kekuatan untuk berpikir tentunya harus bisa menangkap pesan dan mengambil kebaikan dari tujuan kehidupan. Ketika berusaha memahami arti sukacita dan kebersamaan yang memiliki tujuan dalam keselarasan, ada baiknya menyisipkan suatu hal makna akan arti sukacita.

Adanya berbagai perayaan dengan berbagai ide dan maksud serta tujuannya membuat kita sebagai umat manusia memiliki berbagai persamaan dan perbedaan. Melalui perbedaan, antara manusia satu dengan yang lain saling membutuhkan, melengkapi, dan saling tolong-menolong. Seyogyanya sebagai makhluk yang diamanatkan menjadi seorang penolong dan penuntun, manusia memiliki kewajiban untuk mengendalikan dan mengelola kehidupan di dunia ini untuk mencapai perdamaian dan keadilan bagi alam semesta.

Hal baik dari adanya perbedaan adalah kita dapat menilai dan mengetahui mana yang baik dan mana yang benar. Sebagai contoh, jika semua manusia ditetapkan untuk beragama sama, maka sia-sia semua. Ketika kita tidak mempermasalahkan perbedaan, muncullah kebahagian dan suka cita dalam kebersamaan. Kita saling menghormati dan saling membantu tanpa membeda-bedakan.

Pada kesempatan perayaan tahun baru Imlek ini, mari kita renungkan kembali kehidupan selama satu tahun yang telah kita lewati. Berapa banyak hal-hal baik yang sudah kita hasilkan? Demikian juga dengan nilai-nilai kehidupan yang positif apa dalam diri kita yang sudah kita kembangkan? Apa upaya yang sudah kita lakukan untuk menghilangkan pertentangan karena perbedaan?

Selamat merayakan Tahun Baru Imlek 2022, mari kita terus berbuat baik tanpa mempermasalahkan perbedaan. Gong Xi Fa Cai.

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA