KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Keluarga

Coretan Mahasiswa: Keluarga

“Harta yang paling berharga adalah keluarga” merupakan lagu tema pada film Keluarga Cemara yang menggambarkan betapa penting dan berharganya sebuah keluarga bahkan melebihi apa pun yang ada di dunia.

Sebenarnya, keluarga itu dapat diartikan sebagai apa sih? Sering kali kita membayangkan kata keluarga sebagai sebuah perkumpulan beberapa orang karena ikatan pernikahan dan ikatan darah yang digambarkan dengan sosok ayah, ibu, dan anak-anaknya. Namun, keluarga pada intinya adalah sebuah “hubungan” antara orang tua dan anak di mana di dalamnya terdapat berbagai macam bentuk cinta dan kasih, sehingga ketika bersama keluarga kita seringkali merasakan adanya perlindungan, perhatian, pertolongan, dan lain sebagainya. Jadi orang tua dan anak yang tidak memiliki hubungan darah pun dapat dikatakan sebagai keluarga ketika terjadi sebuah hubungan orang tua dan anak sebagaimana mestinya.

Seperti berbagai rasa yang timbul ketika bersama keluarga, itulah fungsi keluarga. Kita harus saling memberikan sesuatu yang positif satu sama lain seperti memberi semangat, dukungan, juga nasihat untuk menjadi lebih baik ke depannya. Selisih paham sering kali terjadi tidak hanya pada keluarga, tetapi juga pada hubungan apa pun dan itu merupakan hal yang lumrah. Selisih paham juga tidak akan menjadi masalah jika kita menghadapinya dengan kepala dingin, bahkan sangat memungkinkan untuk dapat membuka sudut pandang baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kita sebelumnya.

Dari berbagai macam interaksi yang terjadi dalam keluarga, dari situlah akan terbangun kehangatan di mana kita merasa saling terikat satu sama lain, sehingga kita semakin mengenal dan memahami karakter masing-masing. Dengan begitu, kita akan selalu merasa bahagia ketika bersama keluarga karena apa yang terjadi dalam keluarga merupakan hal yang tulus dan ikhlas.

Image by congerdesign from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA