KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Sakura

Coretan Mahasiswa: Sakura

Bunga sakura yang menjadi ikon negara Jepang, kebanyakan kelopaknya berwarna putih hingga merah tua, namun ada juga yang berwarna putih, hijau, hingga kuning. Hal yang menarik adalah seiring dengan mekarnya mahkota bunga, warna bunga ini akan berubah. Bunga sakura juga memiliki ratusan spesies karena bunga ini terus bermutasi, kini sudah ada lebih dari 600 spesies bunga sakura. Di Jepang, penyebutan bunga sakura berbeda-beda tergantung banyaknya kelopak. Sebutan hitoe dipakai untuk bunga sakura yang memiliki kelopak kurang dari sama dengan lima, hanayae untuk bunga sakura yang memiliki kelopak lebih dari lima, serta yae untuk bunga sakura yang memiliki kelopak lebih dari sepuluh

Tak perlu membicarakan keindahannya, karena tentu banyak orang yang sepakat bahwa bunga sakura memiliki keindahan yang memikat banyak mata. Tak heran ketika musim semi tiba, banyak turis-turis yang berlibur ke Jepang untuk melihat langsung keindahannya. Tahun ini, musim semi di Jepang berakhir pada 21 Juni, namun bunga sakura dengan berbagai keindahan dan keunikannya sudah gugur jauh sebelum musim semi berakhir. Hal ini terjadi karena bunga sakura hanya memiliki waktu 7 hingga 10 hari mulai dari kuncup hingga gugur.

Sebagai manusia, seringkali kita terpikat pada keindahan-keindahan dari berbagai hal dan sudut pandang hingga tersadar bahwa yang terjadi hanyalah sesaat ketika keindahan itu mulai pudar dan hilang. Maka dari itu, hendaknya kita melihat segala sesuatu dari berbagai sisi sehingga bisa menimbang apakah keindahan yang ditawarkan sebanding dan bernilai positif dengan apa yang akan didapatkan.

Image by Pexels from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA