KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hidup dan Makan Sehat

Lentera Atma: Hidup dan Makan Sehat

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!” (1 Korintus 5:19-20).

Tuhan telah memberi kita hidup dan berkat sepanjang hari. Kita diberi kesempatan menikmati hidup sesuai tujuan kita. Tanggung jawab kita secara rohani dan jasmani akan membawa kita menjadi pribadi yang menjaga bait Allah.

Kebiasaan dan pola hidup yang dijalani menjadi penentu apakah kita bisa menjaga tubuh yang dipercayakan Tuhan pada kita. Coba ingat-ingat kembali, apakah selama hidup kita telah menjaga tubuh dengan baik? Atau, selama ini perlahan-lahan merusak tubuh?

Zaman serba instan saat ini, kita kerap tergoda dengan rasa malas, mengonsumsi produk cepat saji, kebiasaan buruk seperti malas bergerak, merokok, berdiam diri di depan laptop atau televisi sepanjang hari, begadang, makan tidak teratur, malas minum, mengonsumi minuman beralkohol, dan lainnya. Kebiasaan-kebiasaan tersebut terlihat sangat memanjakan diri dan memberi kenikmatan.

Namun, secara perlahan akan merusak diri, merusak tubuh yang Tuhan titipkan, merusak bait Allah.

Selagi masih diberikan waktu untuk memperbaiki diri, mari ubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Bukan demi orang lain, tetapi demi diri sendiri. Berolahraga, tidur cukup, makan sehat teratur dan ketahuilah, makanan sehat tidak harus makanan mahal, tidak merokok, mengurangi konsumsi fastfood, menjauhi rasa malas, lebih membangun diri lebih positif, membangun relasi dengan lingkungan sekitar, menjaga perkataan dan perbuatan, dan selalu ingin lebih dekat dengan Tuhan.

Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya.” (Yohanes 6:27)

Image by Foundry Co from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA