KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hidup Adalah Kesempatan

Lentera Atma: Hidup Adalah Kesempatan

Seseorang menanam benih serta berharap benih tersebut akan tumbuh dengan baik serta berguna untuk kehidupan. Ketika benih tersebut mulai tumbuh, dan memulai dari akar kemudian tunas serta muncul batang serta dedaunan yang akan menopang buah ketika masak. Agar benih serta buah dapat dipanen dan memberikan kebahagiaan serta kesejahteraan, maka benih perlu waktu untuk bertumbuh, dijaga dan dirawat. Sama seperti kehidupan kita, harus dijaga dan dirawat agar dapat bertumbuh dan berkembang, yang nantinya hasilnya (buah) dapat dipetik dan dinikmati.

Seperti bacaan :

Lukas 13:7-9 (TB):

(7) Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma!

(8) Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya,

(9) mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!”

Memang benih (kehidupan) membutuhkan waktu untuk berproses dalam setiap halnya agar tetap terus bertumbuh. Hidup adalah sebuah kesempatan bagi kita untuk melakukan hal yang berguna. Meskipun hal yang kecil sekalipun, berdampak pada proses kehidupan. Kita belajar serta meresapi semua pengalaman kita sehingga kita dapat berkembang dan menyikapi berbagai masalah yang ada.

Manusia yang dapat menjalankan kehidupannya dengan baik dan sejahtera adalah mereka yang mampu melihat berbagai kesempatan yang ada pada kehidupan yang dijalani, menjadikan setiap kegagalan sebagai pembelajaran agar dapat terus bertumbuh.

Image by eko pramono from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA