KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Sumpah Pemuda, Semangat Kaum Muda

Lentera Atma: Sumpah Pemuda, Semangat Kaum Muda

Sumpah Pemuda memiliki makna mendalam bagi sejarah bangsa, pada 28 Oktober 1928 keputusan Kongres Pemuda di Batavia. Sumpah pemuda menegaskan cita-cita “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Pada 28 Oktober 2022, memperingati 94 tahun berdirinya ikrar persatuan pemuda bangsa untuk berjuang. Setiap pribadi dapat memaknai sumpah pemuda sesuai dengan kemampuan diri masing-masing, terutama kaum muda. Kaum muda di era teknologi saat ini, diharapkan mampu membawa masa depan yang baik demi bangsa Indonesia. Menghargai nilai-nilai dan teladan para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan dan cita-cita bangsa.

Banyak hal yang dapat dilakukan untuk menjaga identitas dan persatuan bangsa, beberapa hal yaitu mempelajari budaya yang ada di Indonesia sambil menanamkan sikap toleransi terhadap perbedaan sekaligus mempelajari budaya agar menambah pengetahuan. Menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dengan baik dan benar, menghargai bahasa tanpa terbiasa menyepelekan bahasa menggunakan bahasa gaul. Menjaga kerukukan, perdamaian antarsesama, menunjukkan bahwa kamu pemuda yang memiliki ilmu dan pengetahuan sebagai penerus bangsa dan masih banyak hal baik lain yang dapat kamu lakukan. Berjuanglah demi masa depanmu dan masa depan anak cucumu.

Yesaya 6:8, Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: “Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?” Maka sahutku: “Ini aku, utuslah aku!”

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA