KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Evaluasi Diri

Lentera Atma: Evaluasi Diri

Setiap pribadi manusia, pasti pernah mengalami yang namanya kegagalan. Namun terkadang, kegagalan itu menjadi sebuah penghalang bagi seorang individu untuk mengembangkan pribadi menjadi lebih baik, serta melakukan yang namanya “EVALUASI DIRI”. Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahwa kata evaluasi memiliki makna dan arti yaitu “sebuah penilaian terhadap suatu tindakan yang pernah dilaksanakan”. Ada suatu ayat kitab suci yang saya rasa cukup menarik untuk dikaitkan dengan tema di atas. Ayat kitab suci tersebut adalah:

Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui? (TB Matius 7:3)

Alasan mengapa saya mengambil ayat di atas sebagai kutipan karena, terkadang kita sebagai manusia lupa akan kata “evaluasi” tadi sehingga kita lebih bisa menilai diri orang lain, entah itu karakternya, kepribadiannya, bahkan kehidupannya tanpa kita sadari dan lupa “mengevaluasi diri kita sendiri” terlebih dahulu.

Maka dari itu, saya berniat untuk mengajak para pembaca renungan ini, untuk kita renungkan bersama, apa arti dari “Evaluasi Diri sendiri”. Setelah kita melakukan itu, alangkah baiknya, kita melakukan riset dan pengolahan kembali, serta mencari tahu di mana letak kekurangan kita, kesalahan kita, dan kemudian mengubahnya untuk menjadi pribadi yang baru, pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Tak lupa juga untuk tetap sertakan semua permasalahan kita ke dalam doa, entah pribadi (personal) maupun dalam berkelompok, agar sekiranya ke depan kita dapat menemukan titik di mana perbaikan diri sebagai sebuah “EVALUASI DIRI”. Tuhan Memberkati.

Image by Pexels from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA