KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: ASEAN

Coretan Mahasiswa: ASEAN

Indonesia merupakan negara kepulauan yang berada di Benua Asia bagian Tenggara. Tak hanya Indonesia, negara-negara tetangga yang dirasa memiliki banyak kesamaan seperti budaya, nasib, dan kepentingan pun akhirnya sepakat untuk membentuk organisasi yang memudahkan proses kerja sama antarnegara di kawasan Asia Tenggara. Dari gagasan itulah, terbentuk ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand, dengan ditandatanganinya Deklarasi ASEAN (Deklarasi Bangkok) oleh para Founding Fathers ASEAN, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Awalnya, memang hanya 5 negara anggota ASEAN. Namun kemudian di tahun-tahun berikutnya, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja pun ikut bergabung dalam ASEAN hingga menjadi sepuluh Negara Anggota ASEAN. Namun, belum lama ini, tepatnya tanggal 11 November 2022, akhirnya Timor Leste diakui menjadi anggota ke-11 setelah 11 tahun pengajuannya untuk menjadi anggota ASEAN.

Terbentuknya sebuah organisasi antarnegara di Asia Tenggara, diharapkan dapat membantu setiap anggotanya untuk memecahkan berbagai macam masalah yang menyangkut kepentingan bersama pada bidang politik, ekonomi, hingga sosial-budaya dengan adanya kerja sama antarnegara-negara anggota. Tidak hanya antarnegara anggota, ASEAN juga mengembangkan hubungan kerja sama dan kemitraan yang saling menguntungkan dengan mitra eksternal atau negara-negara non-ASEAN.

Semoga ke depannya ASEAN dapat terus memberikan manfaat bagi negara-negara di Asia Tenggara ini.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA