KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Dua Sisi

Lentera Atma: Dua Sisi

Di dalam semesta ini, hampir semua aspek terbentuk dari dua sisi yang saling berseberangan, Baik-Buruk, Terang-Gelap, Cepat-Lambat, dan lain sebagainya. Seperti di dalam diri kita juga, ada hal baik dan ada pula hal buruk. Kedua sisi yang berlawanan ini selalu menjadi bagian dari kehidupan kita sejak dari kecil. Tapi, pernahkah kita berpikir bahwa keberadaan hal buruk pada pribadi kita itulah yang menjadikan kita sebagai pribadi yang baik?

Satu-satunya hal yang menjadikan kita pribadi yang baik karena kita memiliki keburukan di dalam diri kita sendiri dan kita memiliki kontrol atas hal tersebut. Hal itu menjadikan kita sebagai pribadi baik yang bermoral tinggi karena kita mengerti hal buruk apa yang dapat kita perbuat dan sebabkan, namun kita lebih memilih untuk mengendalikan hal tersebut dan menguncinya jauh di dalam diri kita masing-masing. Tanpa keburukan tersebut, kita hanya sebatas bayi kecil yang tidak mengerti apa-apa. Keburukan pada diri kita tumbuh melalui pengalaman dan semakin bertumbuh sejajar dengan berapa banyak realita kehidupan, sisi gelap dari kehidupan, dan mengenali serta memahami hal tersebut menjadikan kita pribadi yang lebih dewasa dan bermoral.

Tidak semua hal buruk itu buruk, dan tidak semua hal baik itu baik. Tidak ada batasan nyata antara baik dan buruk. Keduanya saling berkaitan satu sama lain. Hal buruk dapat menjadi pelajaran bagi kita supaya kita dapat lebih menjadi dewasa dalam membuat keputusan moral dalam hidup kita.

Image by Fathromi Ramdlon from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA