KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Manajemen Keuangan

Coretan Mahasiswa: Manajemen Keuangan

Bukanlah hal yang asing bagi seorang mahasiswa ketika akhir bulan mengalami krisis keuangan. Hal ini tentunya bisa terjadi karena banyak faktor. Namun, salah satunya adalah bagaimana mahasiswa tersebut mengelola atau mengatur keuangannya.

Apa yang dimaksud dengan manajemen keuangan? Secara umum manajemen keuangan dapat didefinisikan sebagai sebuah upaya untuk mengatur segala uang yang dimiliki dengan efisien karena adanya terbatas sedangkan keinginan yang tidak terbatas. Melihat kondisi pengeluaran mahasiswa yang kebutuhannya sangat terukur, tentunya manajemen keuangan yang baik bisa diterapkan untuk menghindari terjadinya kehabisan uang di akhir bulan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan prioritas pengeluaran. Kebutuhan-kebutuhan pokok mahasiswa seperti makan, cuci baju, transportasi, internet merupakan kebutuhan utama yang tidak bisa terhindarkan. Maka dari itu, hal tersebut harus menjadi prioritas bagi mahasiswa setiap menerima uang dari orang tua. Setiap kali menerima uang bulanan atau sebulan sekali, maka mahasiswa tersebut harus mengalokasikan uang tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok hingga akhir bulan. Setelah semua kebutuhan pokok tersebut sudah terpenuhi, maka jika ada sisa uang masih bisa ditabung atau mungkin dialokasikan pada kebutuhan sekunder, misalnya main bersama teman atau hiburan lainnya yang tentunya juga penting bagi seorang mahasiswa.

Kesimpulannya adalah penting bagi seorang mahasiswa untuk bisa melakukan manajemen keuangan dengan melalui skala prioritas kebutuhan. Selain itu, penting juga bagi mahasiswa untuk menghindari pengeluaran yang tidak dibutuhkan atau tidak termasuk dalam skala prioritas.

vImage by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA