KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Keraguan

Coretan Mahasiswa: Keraguan

Mungkin ketika kecil kita sering kali mengharapkan menjadi dewasa karena orang dewasa memiliki kemandirian, kebebasan, dan dapat melihat banyak hal yang sebelumnya belum pernah dilihat ketika masih kanak-kanak. Banyak hal yang datang di kehidupan orang dewasa, dan kebebasan yang dimiliki membuatnya memiliki banyak pilihan. Menyenangkan, bukan? Di masa kanak-kanak, banyak dari keputusan kita dipengaruhi oleh orang tua, tetapi ketika menjadi dewasa kita mengambil keputusan atas pilihan kita sepenuhnya.

Namun, banyaknya pilihan yang ada juga menghadirkan masalah baru, yaitu keraguan. Ragu adalah keadaan di mana kita merasa tidak memiliki ketetapan hati. Mungkin dulu kita berpikir bahwa dengan kebebasan yang kita miliki dapat membuat kita memilih apa yang kita mau. Namun ternyata, pilihan kita tidak hanya sekedar apa mau kita, tapi juga bagaimana dampaknya untuk orang di sekitar kita, untuk masa depan kita, dan hal-hal lain.

Tidak ada yang salah, ragu adalah hal yang wajar. Kita dapat mengikuti suara hati karena tidak ada yang salah dari kata hati. Kita hanya perlu untuk belajar melatih agar suara hati kita membawa ke arah yang benar supaya kita terus dapat mengembangkan diri kita.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA