KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Stay Healthy

Coretan Mahasiswa: Stay Healthy

Kondisi tubuh seseorang antara satu dengan yang lainnya tentu berbeda. Beberapa rentan terserang penyakit walau hanya kelelahan ataupun terforsir suatu pekerjaan. Namun, tentu kita juga pernah melihat atau mengenal seseorang yang rasa-rasanya tidak pernah sakit, mereka inilah yang memiliki imun atau sistem kekebalan tubuh kuat secara alami.

Sebenarnya, setiap orang dilahirkan dengan kekebalan bawaan (atau alami), sejenis perlindungan umum. Misalnya, kulit bertindak sebagai penghalang untuk menghalangi masuknya kuman ke dalam tubuh. Dan sistem kekebalan mengenali kapan penyerang tertentu adalah benda asing dan bisa berbahaya. Selain kekebalan bawaan, ada juga kekebalan adaptif (atau aktif) yang berkembang sepanjang hidup kita. Kekebalan adaptif terus berkembang ketika manusia terpapar penyakit atau saat diimunisasi dengan vaksin. Hal tersebut akan membentuk antibodi seseorang yang mana akan berkontribusi untuk melindungi diri dari infeksi kedua dan mencegah seseorang jatuh sakit.

Nah, untuk beberapa di antara kita yang memiliki imun yang lemah, kita dapat meningkatkannya dengan beberapa cara seperti makan dengan baik seperti buah dan sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, susu dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak. Dengan begitu, berarti kita telah membatasi lemak jenuh, kolesterol, garam, dan gula tambahan. Hal lain yang dapat dilakukan yaitu berolah raga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan mengurangi alkohol.

Imunitas adalah pertahanan tubuh terhadap organisme asing. Jadi, dengan merawat diri sendiri akan membantu kita merawat sistem kekebalan tubuh.

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA