KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Lika-liku

Coretan Mahasiswa: Lika-liku

Ternyata di setiap semester perkuliahan rintangan yang dilalui juga semakin banyak. Di semester 3 ini, saya baru merasakan semakin beratnya tugas yang diberikan oleh dosen. Rintangan ini membuat saya mendapatkan pengalaman baru, menambah ilmu karena dalam pemberian tugas kami boleh mencari materi di mana saja seperti di Google maupun di buku, menambah relasi teman karena sebagian besar di mata kuliah menggunakan sistem kerja kelompok. Di sini, saya juga belajar bagaimana merangkul teman yang tidak aktif dalam kerja kelompok supaya dapat berpartisipasi dalam kelompok.

Di semester 3 ini, saya berharap nilai IPK yang didapatkan meningkat, tetapi malah menurun. Saya langsung introspeksi diri kenapa IPK saya bisa menurun. Ternyata karena cara belajar saya yang kurang efektif. Cara mengatasi masalah tersebut saya harus membaca dan memahami kembali isi catatan saya ketika perkuliahan selesai. Cara belajar saya tidak efektif karena kurangnya kebiasaan membaca.

Kondisi keluarga saya juga cukup mendukung dalam perkuliahan sehingga membuat saya kuat menghadapi perkuliahan di semester 3 ini. Tantangan dan rintangan semester berikutnya sangat saya nantikan karena yang saya rasakan selama perkuliahan ini yaitu perkembangan dalam berkomunikasi dan keberanian dalam berpendapat. Dulu saat di semester 1, saya tidak berani berpendapat Di semester 2 pun, saya berpendapat hanya sesekali saja. Akan tetapi di semester 3 ini, saya sudah berani untuk menjawab pertanyaan teman-teman meskipun jawaban saya kadang kurang tepat. Saya bertekad semester 4 semangat harus lebih membara karena tantangan yang dilalui juga akan semakin banyak dan memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

Image by wal_172619 from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA