KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Plastik Merusak Bumi Saat Ini

Coretan Mahasiswa: Plastik Merusak Bumi Saat Ini

Saat ini, banyak yang menyuarakan tentang pengurangan penggunaan kantong plastik dan masyarakat mulai beralih ke kantong berbahan kertas dan kain. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk mengurangi dampak buruk plastik terhadap lingkungan. Padahal, sebelum adanya kantong plastik, orang-orang justru menggunakan kantong berbahan kertas.

Sebenarnya, plastik merupakan sebuah inovasi yang punya tujuan mulia. Kantong plastik diciptakan oleh Sten Gustaf Thulin guna menyelamatkan bumi, untuk menggantikan kantong kertas. Hal ini karena semakin banyak penggunaan kantong kertas berarti semakin banyak juga penebangan pohon. Pada saat itu, plastik menjadi ide yang paling efektif untuk mengurangi penebangan pohon karena dapat bertahan lebih lama dan dapat digunakan berkali-kali. Ya, seharusnya dapat digunakan berkali-kali. Namun karena sudah terlalu nyaman dan malas, banyak orang menggunakannya sebagai kantong sekali pakai.

Wah, tentu sang penemu plastik akan sangat sedih kalau mengetahui dampak temuannya bergeser kepada hal yang merusak lingkungan. Maka dari itu, kita perlu belajar untuk lebih sadar dan bertanggung jawab akan tindakan kita mencapai perubahan positif, dalam upaya menjaga bumi untuk kita saat ini dan generasi selanjutnya.

Image by Hans from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA