KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Pentingnya Merawat Diri

Coretan Mahasiswa: Pentingnya Merawat Diri

Dari berbagai kegiatan yang menyibukkan keseharian kita, sering kali kita lupa pada diri kita sendiri, lupa untuk merawatnya. Merawat di sini bukan sekedar menjaga agar tidak jatuh sakit, tetapi bagaimana kita mempunyai gaya hidup sehat secara keseluruhan. Bagaimana kita bertanggung jawab menjaga dan merawat fisik maupun mental kita tetap sehat.

Kita dapat mulai belajar untuk memahami apa kebutuhan dari diri kita. Setiap manusia berbeda dan unik, begitu juga dengan kebutuhannya. Maka kita harus paham akan apa yang kita butuhkan. Beberapa tindakan perawatan diri yang dapat diterapkan seperti menjaga pola makan yang sehat, berolahraga secara teratur, tidur yang cukup, mengelola stres, dan menjaga hubungan sosial yang positif. Selain kesehatan fisik, kita juga perlu menjaga kesehatan mental dan emosional kita. Kita dapat menyempatkan diri untuk bersantai, mengekspresikan perasaan dengan menulis, bernyanyi, menggambar, dan lain sebagainya.

Ketika kita secara aktif terlibat dalam perawatan diri, manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh kita sendiri, tetapi juga oleh masyarakat lain di sekitar kita bahkan secara keseluruhan. Ketika setiap kita mau berusaha untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan, maka beban pada sistem kesehatan juga berkurang, sehingga masyarakat dapat berkembang dengan lebih baik lagi. Maka, di tengah kehidupan yang sibuk dan sering kali menekan, jangan pernah lupa untuk menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri. Kita dapat berkomitmen mulai sekarang untuk merawat dan memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan diri demi masa depan yang lebih baik.

Image by Foundry Co from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA