KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Melakukan Hal Kecil dengan Penuh Kasih

Lentera Atma: Melakukan Hal Kecil dengan Penuh Kasih

Bacaan Injil Matius 13:31-35 “Biji sesawi itu menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang di cabang-cabangnya.”

Hari ini 6 tahun yang lalu, berawal dari sebuah passion untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara finansial agar tidak putus kuliah, beberapa orang yang memiliki passion yang sama berkumpul untuk mendirikan sebuah lembaga beasiswa. Dengan dukungan Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) berdirilah Beasiswa KAMAJAYA atau KAMAJAYA Scholarship pada tanggal 31 Juli 2017 di bawah lindungan Santo Ignasius dari Loyola. Konsep beasiswa ini benar-benar berbeda karena beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa yang terancam putus kuliah tanpa mempertimbangkan prestasi akademik, murni bersifat karitatif.

Perjalanan KAMAJAYA Scholarship selaras dengan bacaan injil hari ini. Yesus memberikan perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi. Biji sesawi disebut sebagai biji yang paling kecil. Namun, ketika bertumbuh menjadi pohon besar dapat menjadi tempat berlindung burung-burung. Sedangkan ragi adalah sesuatu yang tidak terlihat dalam adonan. Tetapi, ragi yang sedikit dapat mengembangkan seluruh adonan dan membuat roti menjadi enak.

Di dalam masyarakat kita, sesuatu yang kecil sering kali diremehkan karena dianggap tidak berarti. Namun melalui perumpamaan di dalam bacaan injil hari ini, Yesus mengajarkan kita bahwa sesuatu yang kecil dapat berpengaruh besar, asalkan kita menjalani peran tersebut sebagaimana mestinya.

Mungkin kita merasa kecil ketika membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab kita merasa tidak memiliki kekayaan, kepandaian, keterampilan, dan kemampuan diri. Kita merasa lemah dan tidak berdaya.

Demikian juga dengan KAMAJAYA Scholarship. Siapa sangka donasi yang kelihatan tidak seberapa, katakanlah Rp10.000,00, Rp50.000,00, atau Rp100.000,00 ternyata telah berhasil membiayai 128 mahasiswa dan mengantarkan 62 mahasiswa menjadi sarjana. Beasiswa yang disalurkan juga sudah mencapai Rp2.732.481.000,00 (hampir 3 miliar rupiah!). Sebenarnya, tidak ada seorang pun atau perbuatan baik yang tidak berguna, sekecil apa pun itu. Allah telah memberikan potensi dalam diri setiap manusia sehingga setiap orang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

Seperti kata Bunda Teresa, “We can do no great things, only small things with great love”, mari kita berbuat baik mulai dari hal kecil dan lakukan hal tersebut dengan penuh kasih.

Image by Shameer Pk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA