KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Donasi Adalah Kasih

Lentera Atma: Donasi Adalah Kasih

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menjumpai peristiwa atau bencana yang selanjutnya mendorong beberapa orang untuk bergerak mengumpulkan donasi untuk disalurkan kepada korban bencana. Setiap kali kata donasi digunakan dalam sebuah gerakan sosial, banyak sekali orang yang tergerak dan kemudian ikut menyumbang atau mendonasikan sebagian harta miliknya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), donasi adalah sumbangan atau pemberian hadiah (berupa uang) yang dilakukan oleh penderma kepada badan atau organisasi pengumpulan donasi. Tidak hanya berbentuk uang, donasi dapat juga berbentuk barang atau jasa lainnya. Kata donasi dalam bahasa Inggris adalah ‘Donation’ atau ‘Charity’. Kata ini berasal dari bahasa Latin yaitu Carus yang artinya ‘kasih’. Kata inilah yang kemudian dipakai dalam istilah ‘Kasih Kristen’ dalam bahasa Inggris Kuno. Selain itu, jika kita merujuk isi alkitab maka kita akan mendapatkan pengertian yang baru. Kata kasih dalam Perjanjian Baru adalah Agape (Yunani). Agape diterjemahkan sebagai ‘amal’ sebanyak 27 kali, sebagai ‘kasih/sayang’ sekali dan sebagai ‘cinta’ sebanyak 86 kali. Agape berasal dari dua kata yaitu ‘a’ dan akar kata ‘gape’. A artinya tidak/tanpa dan gape adalah celah. Jadi agape bisa diartikan dengan ‘tanpa celah’ atau cinta tanpa syarat.

Alkitab banyak berbicara soal ‘berdonasi’ atau ‘beramal’ sebagai sebuah tanggung jawab untuk menolong orang miskin dan yang membutuhkan. Perbuatan kita menolong orang yang membutuhkan adalah cerminan kasih kita kepada Yesus dan peran kita sebagai anak-anak-Nya. Dengan kata lain, ini adalah bukti keselamatan kita dan kehadiran Roh Kudus di dalam kita.

Berdonasi tidak harus dalam bentuk uang. Tapi apa yang kita punya ketika kita berikan dengan ikhlas dan tulus kepada orang yang membutuhkan adalah sebuah bentuk kasih. Seperti yang dilakukan Petrus ketika bertemu dengan pengemis yang lumpuh, yang memberikan apa yang dia punya (Kisah 3: 6). Saat Tuhan sudah memberkati kita lebih daripada orang lain, itu artinya Tuhan juga mau kita memakainya untuk membantu orang lain.

Mari kita berbagi berkat lewat berdonasi atau beramal dan menolong orang-orang yang sedang kesulitan (khususnya adik-adik mahasiswa yang kesulitan finansial dan terancam putus kuliah) melalui KAMAJAYA Scholarship.

Image by Shameer Pk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA