KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Organisasi Alumni, Mengapa Penting?

Lentera Atma: Organisasi Alumni, Mengapa Penting?

Hampir semua orang sependapat bahwa keberadaan organisasi alumni sangat penting bagi sebuah universitas. Tidak hanya untuk eksistensi, tapi juga untuk sarana silaturahmi antarkeluarga besar lulusan suatu universitas. Tapi sayang, tidak semua orang mau terlibat dalam organisasi alumni. Masih banyak dari kita yang tidak peduli terhadap eksistensi organisasi alumni.

Di masa sekarang, peran organisasi alumni tidak hanya penting bagi universitas untuk keperluan akreditasi saja, namun organisasi alumni sangat berperan dalam melanjutkan visi dan misi suatu universitas. Lebih dari itu, organisasi alumni dapat menjadi ujung tombak dalam meningkatkan reputasi universitas di mata masyarakat, membuka jalan bagi alumni yang lain (alumni yang baru lulus) untuk masuk ke dunia kerja. Hampir semua universitas yang berkualitas selalu ditopang oleh organisasi alumni yang baik. Jadi, alumni adalah aset penting yang harus dirangkul dan dikembangkan oleh setiap universitas.

“Membangun Sinergi” adalah kata kuncinya. Universitas dan alumninya harus bersinergi. Alumni yang sukses tidak bisa dipisahkan dari universitas tempatnya menimba ilmu. Besar atau kecil sumbangsih universitas telah menjadi bagian dari suksesnya seorang alumni. Sebaliknya, universitas yang mampu memfasilitasi dan menghargai alumninya (apalagi yang sudah sukses) melalui wadah organisasi alumni maka dengan sendirinya akan dipromosikan sebagai “tempat belajar” yang direkomendasi dan berkualitas. Sangat disayangkan, jika banyak alumni yang sukses dan memiliki potensi, tapi tidak mampu “bersinergi” dengan universitasnya.

Mengapa organisasi alumni penting? Mari kita renungkan! Sebuah universitas yang punya nama besar, maka pasti organisasi alumninya juga kuat. Universitas menjadi terkenal, karena di situ ada kumpulan alumni yang berprestasi dan berkualitas. Universitas yang dulunya terkenal kurang baik, sekarang dapat menjadi baik karena alumninya ikut terlibat dalam memperbaiki kualitas universitasnya.

Bagaimana dengan almamater kita, Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Akhir kata, saya mengutip perkataan John F. Kennedy, “Jangan tanyakan apa yang UAJY berikan kepadamu, tapi tanyakan apa yang kamu berikan kepada UAJY.”

Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA