KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Orang yang Sungguh Kaya

Lentera Atma: Orang yang Sungguh Kaya

Suatu waktu, seseorang bertanya kepada Bill Gates, “Apakah ada yang lebih kaya dari Anda?”

Dia menjawab, “Ya, hanya ada satu orang.”

Dia kemudian melanjutkan ceritanya.

Beberapa tahun yang lalu, saya diberhentikan dari pekerjaan dan harus pergi ke New York Airport. Saya membaca judul berita di surat kabar. Saya ingin membeli surat kabar tersebut, tetapi saya tidak punya uang kecil. Oleh karena itu, saya membatalkan niat saya untuk membeli surat kabar tersebut. Tiba-tiba seorang anak kecil memanggil dan menghampiri saya dan berkata, “Koran ini untuk Anda.” Tetapi saya menjawab, “Maaf saya tidak punya uang kecil.” Anak itu berkata, “Tidak masalah. Saya memberikan secara gratis kepada Anda.”

Setelah tiga bulan, saya ke sana lagi. Secara kebetulan, kejadian ini berulang dan anak yang sama memberi saya sebuah surat kabar lagi secara gratis. Saya menolaknya, tetapi anak itu berkata, “Tenang saja, saya memberikan Anda dari keuntungan saya hari ini.”

Setelah 19 tahun, saya telah menjadi kaya dan memutuskan untuk mencari anak tersebut. Setelah satu setengah bulan, saya menemukan anak itu. Saya bertanya kepadanya, “Apakah Anda masih ingat dengan saya?” Anak itu menjawab, “Ya, tentu saja. Anda adalah Bill Gates yang sangat terkenal.”

Saya kemudian berkata kepadanya bahwa dia telah memberikan dua surat kabar kepada saya secara gratis beberapa tahun yang lalu. Sekarang, saya ingin membalasnya. Saya akan memberikan apa pun yang dia inginkan. Anak itu kemudian menjawab, “Maaf, Anda tidak dapat membalasnya.”

Dengan keheranan, saya bertanya, “Mengapa?”

Anak itu menjawab, “Karena saya memberi Anda di saat saya miskin, sedangkan Anda ingin membalas pemberian saya di saat Anda kaya. Bagaimana mungkin Anda dapat membalas pemberian saya?”

Bill Gates berkata bahwa anak tersebut sungguh lebih kaya dari dirinya.

Kita tidak perlu harus kaya atau menunggu menjadi kaya dulu baru berdonasi/membantu orang lain (bdk. Markus 12:41-44 Persembahan Janda Miskin). Mari kita berbagi dengan tulus dan ikhlas.

Image by Nattanan Kanchanaprat from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA