KAMAJAYA Scholarship / Lentera Atma  / Lentera Atma: Hari Kartini

Lentera Atma: Hari Kartini

R.A. Kartini atau Raden Ajeng Kartini Djojo Adiningrat adalah seorang keturunan priayi atau bangsawan Jawa. Ayahnya adalah Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Ibunya adalah istri pertama sang ayah, namun bukan istri utama, bernama M.A. Ngasirah. Sebagai seorang bangsawan, ia berhak dan layak mendapatkan pendidikan. Ia bersekolah di Europeesche Lagere School (ELS) di mana ia belajar bahasa Belanda.

Namun, ia harus menghentikan jenjang pendidikannya setelah menginjak usia 12 tahun karena harus dipingit. Meskipun demikian, hal itu tak lantas membuatnya berdiam diri. Ia banyak membaca buku, koran, dan majalah. Selama dipingit, Kartini tetap mengasah kemampuannya berbahasa Belanda dan menulis surat kepada teman-temannya di Belanda, yang salah satunya bernama Rosa Abendanon.

Kartini tertarik pada isu emansipasi wanita dan isu sosial. Ia tertarik pada kemajuan berpikir wanita-wanita Eropa. Sementara saat itu, perempuan Jawa tidak dibolehkan bersekolah tinggi sehingga muncul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi.

Keinginan Kartini itu terwujud saat ia mendirikan sekolah wanita di kompleks kantor Kabupaten Rembang yang bangunannya kini dikenal sebagai Gedung Pramuka. Ini terjadi setelah ia menikah. Sang suami, K.R.M. Adipati Ario Singgih, mendukung Kartini untuk membangun sekolah.

Hari kelahirannya yaitu tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Hari Kartini ditetapkan oleh Presiden Soekarno sebagai pengingat bahwa kaum perempuan pun dapat berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia.

Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam. (R.A. Kartini).

Mari kita terus menginspirasi dan mewujudkan impian Kartini bersama KAMAJAYA Scholarship untuk menciptakan kesetaraan dan keadilan bagi semua wanita dan semua orang melalui kesempatan untuk mengenyam pendidikan.

Selamat Hari Kartini!

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA